Pelayanan Berbasis Aplikasi ‘Gores PPU’ Makin Diminati Masyarakat

by -157 Views
BERITAPENAJAM.Net-Aplikasi Gores PPU yang telah diluncurkan Polres Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sejak 9 bulan lalu, saat ini terus berkembang dengan baik. Hal itu terbukti dengan banyaknya warga PPU yang telah menggunakan aplikasi tersebut.

Kepala bagian Oprasi (Kabag Ops) Polres PPU Kompol Gede Pesek mengakui, bahwa perkembangan pelayanan berbasis aplikasi ini sudah cukup baik. Dari data yang dimilikinya, para pengguna aplikasi Gores PPU telah mencapai 3888 orang yang berada di wilayah hukumnya.

“Ini terbukti bahwa pelayanan berbasis online ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena pelayanan ini bisa secara cepat direspon oleh pihak kepolisian,” ujarnya, Selasa (25/7/2017).

Dalam Aplikasi Gores PPU ini terdapat delapan menu pelayanan yang tersedia. Salah satunya layanan pengaduan, call centre dan informasi terkait pelayanan SIM, SKCK, surat izin keramaian dan jenis layanan lainnya.

Gede mengungkapkan, bahwa sejauh ini sudah banyak masyarakat yang melaporkan atau mengadukan suatu peristiwa melalui aplikasi ini.

“Seperti ada yang kehilangan motor, terjadi kecelakaan, mereka melapornya melalui aplikasi itu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, cara menggunakan aplikasi Gores PPU ini pada saat mengalami suatu peristiwa, cukup dengan menekan tombol ‘panic buttom’ sebanyak tiga kali dengan cepat, pemberitahuan pelapor akan masuk secara otomatis ke server operator aplikasi tersebut.

“Jadi kalau tidak sengaja kepencet atau  miciknya hanya sekali, dia tidak akan terhubung ke operatornya,” terangnya.

Ketika notifikasi itu telah dikirimkan, tambah Gede, maka smartphone seluruh perwira polisi akan bergetar dan berbunyi.

“Alarm dari hp seluruh anggota tidak akan berhenti jika belum dapat respon,” kata Gede.

Untuk memaksimalkan pelayanan dari aplikasi Gores PPU ini, Polres PPU menyiagakan sebanyak 9 petugas operator yang terdiri dari tiga regu yang berisikan tiga orang yang bertugas secara bergantian. “Jadi operator aplikasi ini stanby selama 24 jam secara bergantian,” jelasnya.

Pelayanan berbasis aplikasi ini salah satu bentuk inovasi Polres PPU untuk memberi pelayanan secara maksimal terhadap masyarakat yang berada di wilayah hukumnya.(Toy/nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.