Minuman Pembersih Paru-paru Bagi Perokok Berat

by -327 Views

BERITAPENAJAM.Net – Di kalangan orang-orang awam, soda merupakan minuman pembersih paru-paru untuk perokok berat. Padahal itu hanya mitos, belum ada penelitian pasti tentang hal ini. Anda sendiri mungkin pernah merasakan minum es soda campur susu tanpa memiliki niat membersihkan paru-paru, karena Anda hanya ingin minuman segar penghilang dahaga.

Setelah lelah beraktivitas, es susu soda pastinya memberi kenikmatan luar biasa pada tenggorokan Anda. Rasa manis susu berpadu dengan dinginnya es dan soda membuat bersemangat lagi.

Tapi tenyata, campuran susu soda itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan kalsium pada susu dan zat karbonat soda jika disatukan akan membentuk reaksi senyawa CaCO3 (Kalsium-Karbonat). Keduanya tidak dapat diserap tubuh dan sulit larut dengan air dalam tubuh Anda. Jika sering konsumsi ini, Anda bisa terkena penyakit batu ginjal.

Apalagi Anda minum soda tanpa campuran apapun, maka kalsium pada gigi dan tulang akan terkikis untuk menyeimbangkan asam fosfor dalam soda dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh bersama kalsium yang telah terkikis tadi. Hal ini akan meningkatkan resiko osteoporosis (pengeroposan tulang).

Jadi, sebaiknya tidak terlalu sering Anda konsumsi minuman bersoda karena alasan diatas. Karena merokok sangatlah berbahaya untuk paru-paru serta jadi satu diantara penyebab utama penyakit kanker, asma dan bronkhitis.

Ada racikan minuman alami menyehatkan bagi perokok akut dan pastinya ini bukan mitos. Sebagian ahli medis menyarankan konsumsi minuman ini sebab tanpa bahan kimia, hal ini bisa mengurangi efek negatif dari rokok.

Berikut Cara Membuat Minuman Alami Untuk Paru-paru Anda

Bahan:

  • 1 ruas jahe ukuran kecil
  • 2 sendok teh bubuk kunyit
  • 400 gr bawang putih, kupas serta cincang
  • 1 liter air
  • 400 gr gula merah

Praktek:

Tuang air dalam wajan ukuran sedang, panaskan diatas kompor. Tambahkan gula ke dalamnya. Setelah air betul-betul panas (mendidih) tambahkan beberapa bahan yang lain. Tunggu selama 5 menit, angkat, dan diamkan hingga dingin. Siapkan botol atau toples kaca, masukkan racikan tadi dengan disaring terlebih dahulu. Jangan lupa tutup rapa-rapat.

Letakkan di dalam lemari es, jika Anda belum memiliki refrigerator, biarkan saja taruh di ruang terbuka dengan sirkulasi udara baik. Diatas meja makan misalnya.

Tips: Aroma minuman ini cukup menyengat, untuk mengurangi bau tak sedap (Istilah Jawa: wengur) Anda bisa menambahkan buah lemon lime. Campurkan dengan cara diperas sari-pati nya.

Ketentuan penggunaan:

Ambil 2 sendok teh minuman ini setiap pagi hari waktu perut masih kosong. Bagusnya lagi setelah bangun tidur, usahakan minum air putih dahulu. Dan 2 sendok makan di malam hari sehabis makan besar atau menjelang tidur.

Tetap jaga kesehatan, dan jika bermanfaat, sekiranya bisa Anda bagikan untuk semua orang.(*/Ril)

Sumber: Juragantips.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.