Mengupas Potensi Wisata, Calon Ibu Kota Negara (PPU)

BERITAPENAJAM.NET.-Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Jokowidodo secara resmi mengucapkan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), sebagai calon ibu kota baru.

“Bahwa ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur,” ujar, Presiden RI ke 7 saat mengumumkan wilayah Ibu Kota Negara baru.

Kabupaten PPU sempat menjadi trainding topik di laman tweatter pekan lalu pasca diumumkannya menjadi penerus ibu kota jakarta baru. Kabupaten Tetangganya Kutai Kertanegara yang tidak asing terdengar ditelinga bagi para wisatawan, PPU pun juga menyimpan potensi wisata yang ada, terutama daerah ini juga memiliki garis pantai puluhan kilometer.

Setelah dikumpulkan oleh tim Beritapenajam, ini potensi wisata yang ada di PPU :

Pantai Corong

Pantai Corong Pantai Corong yang berada di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, merupakan salah satu objek wisata menarik untuk selalu dikunjungi para wisatawan, Akses jalanya pun cukup baik menuju lokasi tersebut, dan juga pernah menjadi tempat pengibaran bendera merah putih dengan ukuran 1000 meter persegi.

Pantai Tanjung Jumlai

Pantai ini juga yang tidak kalah populer dengan barisan pantai lainya yang ada pada barisan di Kecamatan Penajam, lokasi tersebut merupakan destinasi andalan warga PPU karena kegiatan akbar sering diadakan di pantai tersebut.

Pulau Gussung

Masih disekitar wilayah Pantai Tanjung Jumlai bagi pecinta diving dan snorkling spot ini cocok untuk kalian, sebab panorama terumbu karang bisa yang bisa dinikmati, bahkan jika beruntung wisatawan dapat melihat Ikan Napoleon jenis ikan yang langka dan dilindungi. Disarankan untuk para wisatawan saat ini tidak berkunjung dulu ke lokasi tersebut, sebab musim gelombang besar.

Pantai Nipa Nipa (Sipakario)

Keunikan Pantai Nipa Nipa atau Sipakario yang sering di ucapkan masyarakat. tersebut tidak kalah menarik disepanjangan bibir pantai yang ada di PPU, sebab Pantai Sipakario ini langsung berhadapan dengan Kota Balikpapan gemerlap malam dengan kerlipnya lampu kota yang  Tanjungasik dipandang, Jadi, Pantai tersebut tidak berhenti dipandang ketika matahari terbenam. Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung harus membayar Rp 2.000  per orangnya. Pantai Nipah-nipah cocok digunakan untuk menyaksikan sunset.

Penangkaran Rusa Api – Api

Penangkaran rusa berada di desa Api-Api Kecamatan Waru, dikelola oleh Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kebanyakan spesies rusa yang diternakkan di Penangkaran Rusa Penajam adalah jenis Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brokei) dan Rusa Timor (Cervus Timorensis).

Lokasi penangkaran rusa seluas 50 hektare ini berada di Jalan Provinsi KM 32, Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Kita cukup membayar tiket masuk seharga Rp 2.000 saat hari biasa dan Rp 5.000 saat hari libur, Tempat wisata ini tidak jauh dari jalan raya.

Air Terjun Tembinus

Destnasi wisata yang ada di PPU tidak semata hanya tentang pantai, di Kecamatan Sepaku tepatnya terdapat wisata cukup menghilangkan rasa suntuk sepekan dalam bekerja. Jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 4 jam perjalanan bertolak dari Penajam, sedangkan untuk perjalanan bertolak dari Kecamatan Sepaku sekitar 1 Jam 48 Menit. Kemudian kamu harus menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih satu kilometer darikisaran waktu ditentukan. Berada dikawasan konservasi Air Terjun Tembinus dengan ketinggian 25 meter,  memberikan panorama keindahan alam yang cantik terbayarkan dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Dari beberapa destinasi wisata yang ada di PPU, sangat rekomended bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah, menjadi lokasi tersebut waktu berkumpul dengan rekan, keluarga dan pasangan. Dan masih banyak lagi tempat wisata PPU lainya seperti, Ekowisata Mangrove, Taman Rozline, dan Waduk. (sr5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Mari Daftarkan "KTP Anak" (KIA) Online

Rab Sep 25 , 2019
BERITAPENAJAM.NET.-Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Jokowidodo secara resmi mengucapkan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), sebagai calon ibu kota baru. “Bahwa ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur,” ujar, Presiden RI ke 7 saat mengumumkan wilayah Ibu Kota […]
%d blogger menyukai ini: