Mengapa Warna Ungu di anggap Warna Janda ?

BERITAPENAJAM- Begitu banyak warna yang ada saat ini yang kita kenal namun ada satu yaitu  Warna ungu bagi sebagian masyarakat luas diidentikkan dengan warna janda. Padahal jika menilik sejarahnya warna ungu awalnya bukanlah warna untuk para wanita yang ditinggal suaminya. Malah yang ada warna ungu adalah warna ‘mahal’ karena hanya diperbolehkan dikenakan oleh raja/ratu dan kerabat langsungnya.

Hal ini berkaitan dengan sangat langka dan mahalnya warna ungu pada saat itu. Itulah sebabnya di masa pemerintahan Ratu Inggris, Elizabeth I (1558-1603) warna ungu adalah warna terhormat dengan dikeluarkannya aturan resmi bahwa warna ungu adalah warna yang hanya boleh dikenakan para anggota kerajaan.

Memasuki tahun 1856 barulah pewarna ungu sintesis ditemukan. Dengan ditemukannya warna ungu tersebut, bisa ditebak sendiri rakyat jelatapun sanggup membelinya. Maka berubahlah status warna ungu dari warna terhormat menjadi warna biasa layaknya warna lain.

Dengan berkembangnya zaman, pemakaian warna ungu dari beberapa literatur mengungkapkan bahwa dibeberapa negara menyatakan, seorang istri saat menghadiri pemakaman suaminya biasanya memakai baju warna ungu. Dimana ungu dikenal sebagai simbol kesedihan dan berkabung. Beberapa negara yang menjalankan pemakaian warna ungu pada wanita yang ditinggal mati oleh suaminya adalah negara: Italia, Brasil juga Thailand.

Hal senada juga terjadi di negara Inggris, dimana warna ungu dianggap warna setengah berkabung. Dimana pada masa itu, jika seorang wanita berduka, dia harus memakai warna hitam selama satu tahun. Setelah itu, wanita yang berstatus janda tersebut boleh menggabungkan ungu tua atau abu-abu pada busana sehari-harinya.

Dari berbagai kebiasaan warga dunia itulah, warna ungu jadi identik dengan warna janda. Jadi bagi Anda yang menyukai warna ungu, mulai sekarang jangan malu untuk memakai warna ungu karena di zaman dahulu warna ungu adalah warna terhormat dan mahal yang hanya boleh dikenakan anggota kerajaan.(*)

sumber : dontsad.com

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Polsek Babulu Laksanakan Program “Police Go To School” SMK 3 Babulu

Sel Okt 15 , 2019
BERITAPENAJAM- Begitu banyak warna yang ada saat ini yang kita kenal namun ada satu yaitu  Warna ungu bagi sebagian masyarakat luas diidentikkan dengan warna janda. Padahal jika menilik sejarahnya warna ungu awalnya bukanlah warna untuk para wanita yang ditinggal suaminya. Malah yang ada warna ungu adalah warna ‘mahal’ karena hanya […]
%d blogger menyukai ini: