Masyarakat Diminta Waspadai Penyakit Brucellosis

BERITAPENAJAM.Net- Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meminta masyarakat mewaspadai penyakit brucellosis.

Brucellosis merupakan penyakit Zoonoi yang mengakibatkan keguguran pada hewan ternak sapi atau kambing. Penyakit ini hanya ditularkan oleh hewan ke manusia.

“Penyakit brucellosis ini memang perlu kita waspadai, karena material keguguran itu ternyata bisa menular kemanusia bila kita tidak berhati-hati,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak PPU Arief Murdiyatno, Kamis (13/7/2017).

Untuk itu, kata Arief, pihaknya terus memperketat pengawasan kepada hewan ternak sapi yang mengalami keguguran. Dan akan mengambil sampel darah untuk diproses di laboratorium.

Ia menjelaskan gejala yang muncul jika tertular penyakit tersebut antara lain tubuh merasa lemas, pusing, berat badan turun, nafsu makan menurun, sakit punggung, seluruh sendi tubuh terasa sakit, demam, mengigil, dan berkeringat di malam hari.

“Warga yang memiliki hewan ternak sapi harus mewaspadai penyakit brucellosis ini,” pungkasnya.(toy/nit)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Beras PPU Tidak Kalah Saing Dengan Beras Luar

Kam Jul 13 , 2017
BERITAPENAJAM.Net- Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meminta masyarakat mewaspadai penyakit brucellosis. Brucellosis merupakan penyakit Zoonoi yang mengakibatkan keguguran pada hewan ternak sapi atau kambing. Penyakit ini hanya ditularkan oleh hewan ke manusia. “Penyakit brucellosis ini memang perlu kita waspadai, karena material keguguran itu ternyata bisa menular kemanusia […]
%d blogger menyukai ini: