Manfaat Olahraga Lari yang Perlu Diketahui

by -334 Views

BERITAPENAJAM.Net– Olahraga lari merupakan jenis olahraga yang paling digemari banyak orang, karena tentunya jenis olahraga yang satu ini termasuk jenis olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Banyak orang yang sering melakukan kegiatan olahraga lari terutama pada pagi hari seperti di hari minggu, pada hari libur seperti ini banyak orang memanfaatkan hari libur untuk lari pagi. Rutin melakukan olahraga lari secara rutin dan teratur ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Manfaat Olahraga Lari

Menjaga kebugaran tubuh
Dengan sedikit menyisihkan waktu untuk berlari dipagi hari, maka tubuh kita akan tetap bugar dan bersemangat dalam melakukan berbagai rutinitas sepanjang hari. Lakukan olahraga ini secara rutin dan teratur minimal 30 menit setiap harinya, setelah melakukan olahraga ini tubuh kita akan menjadi lebih fit dan energik.

Menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan tampak awet muda
Olahraga ini juga tidak hanya baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan menjadikan kulit kita tampak awet muda. Hal ini dikarenakan, setiap keringat yang keluar melalui pori-pori kulit akan mendorong keluar kotoran-kotoran yang mengendap di dalam pori-pori. Maka tak heran jika seseorang yang rajin berolahraga memiliki kulit yang bersih, cerah dan terhindar dari masalah kulit.

Dapat melatih kecepatan dalam berpikir
Olahraga ini juga dapat mendorong motorik pada otak kita, sehingga daya tangkap otak kita dapat lebih cepat dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Selain itu, daya ingat seseorang yang rajin berolahraga dapat berfungsi dengan baik hingga tua.

Dapat menjadikan tulang dan persendian lebih kuat
Olahraga ini mampu menjaga kekuatan kaki dan persendian, sehingga dapat menghidarkan seseorang dari gangguan tulang dan persendian seperti osteoporosis. Selain itu, olahraga ini juga dangat baik bagi pertumbuhan tulang terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Mencegah tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh karena adanya penyempitan pada pembuluh darah arteri, sehingga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini tentunya sangat beresiko mengalami berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan jenis penyakit berbahaya lainnya. Tetapi jika kita rutin berolahraga salah satunya lari, maka penyempitan pada pembuluh darah akan kembali normal dan sirkulasi darah menjadi lancar.

Dapat melegakan pernafasan
Lari pagi sangat bermanfaat untuk melacarkan saluran penafasan, suhu badan yang meningkat akibat dari aktivitas berlari mampu mengeluarkan dahak dan berbagai kotoran yang menempel pada saluran pernafasan kita, sehingga saluran pernafasan menjadi lebih lancar dan ringan.

Tidur terasa lebih nyaman dan nyenyak
Rutin berolahraga dapat mengembalikan kualitas tidur kita, sehingga tidur akan lebih nyaman dan nyenyak sepanjang malam.

Dapat meningkatkan kualitas seksual
Bagi anda yang telah menikah, anda akan merasakan kualitas seksual yang meningkat setelah rutin menjalankan aktivitas olahraga seperti berlari. Hal ini dikarenakan, dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan produksi hormon di dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat olahraga lari bagi tubuh kita. Semoga setelah kita tahu dan menyadari begitu pentingnya olahraga bagi tubuh, maka kita menjadi lebih rajin lagi untuk berolahraga setiap hari secara rutin dan teratur.

Sumber: https://manfaat.co
Gambar: Disehat.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.