Kejar Target, Dinas Pertanian PPU akan Lakukan Inseminasi Sapi Produktif

by -156 Views

BERITAPENAJAM.Net – Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan melakukan Inseminasi buatan atau kawin suntik kepada 2.419 ekor sapi produktif. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk merealisasikan program khusus sapi indukan wajib bunting.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian PPU, Arief Murdiyanto, bahwa dari target sebanyak 2.419 ekor sapi produktif yang di inseminasi,  hingga September baru mencapai  1,500 ekor sap.

“Kami berupaya memenuhi target untuk lakukan kawin suntik dengan upaya meningkatakan populasi sapi ternak. Hingga saat ini sudah sebanyak 1.500 ekor telah dilakukan inseminasi dan akan berlanjut hingga akhir tahun,” ungkap Arief Murdiyanto, Senin, (11/9).

Lanjutnya, Arief Murdiyanto juga mengatakan, dari  2.419 ekor sapi produktif yang akan dilakukan inseminasi buatan pada tahun ini, harapannya ditahun 2018 nantinya, angka kelahiran anak sapi mencapai target hingga 73 persen.

“Kebuntingan sapi selama sembilan bulan, jadi pada tahun 2018 nantinya, ditargetkan sebanyak 1.000 sampai 2.000 sapi indukan akan beranak,” tuturnya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya untuk membantu merealisasikan tercapainya populasi sebanyak dua juta ekor sapi di Kalimantan Timur pada tahun 2018.(Win/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.