Kasus HIV di PPU Terus Bertambah

by -176 Views

BERITAPENAJAM.Net – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat jumlah penderita HIV/ AIDS di wilayah itu bertambah sebanyak 52 orang. Empat diantaranya meninggal dunia.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes PPU Muhammad Saleh mengatakan, bahwa dirinya sangat prihatin dengan terus bertambahnya penderita virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia tersebut.

“Kasus HIV/ AIDS ini seperti fenomena gunung es, setiap waktu terus bertambah,” ujarnya, Selasa (30/5).

Menurutnya, bertambahnya jumlah penderita HIV/ AIDS di PPU tak lain disebabkan oleh perilaku dan juga masih rendahnya kesadaran masyarakat tentang penyakit tersebut.

Sebagai upaya mengantisipasi, Dinkes PPU terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui  kegiatan sosialisasi dan penyuluhan HIV/ AIDS di setiap Kecamatan.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara untuk menjaga perilaku dengan baik dan menghindari perilaku seks bebas serta tidak menggunakan narkoba.

“Karena dengan melakukan seks bebas atau narkoba yang menggunakan jarum suntik ini dapat meningkatkan terjangkitnya virus tersebut,” pungkasnya.(Toy/Nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.