Kadisbudpar Dilantik Menjadi Mabicab Saka Pariwisata

by -131 Views

BERITAPENAJAM.Net– Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Tita Deritayati, dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), masa bakti 2017-2022. Prosesi pelantikan tersebut berlangsung di Aula Lantai 3 Setkab. PPU, pada Rabu (14/6) pagi.

Tita menyampaikan bahwa seluruh jajaran pengurus akan siap memajukan pariwisata dan kepramukaan di Kabupaten PPU. “Ini sebagai bentuk kepedulian kami untuk memajukan kepariwisataan di PPU, baik itu dari budaya, seni, maupun tempat-tempat pariwisata dan sejarahnya, serta untuk menuju PPU sebagai Kabupaten Pramuka,” tuturnya.

Asisten III, Alimuddin dalam sambutannya mewakili Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kabupaten PPU menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dalam mendukung gerakan pramuka di Bumi Benuo Taka ini. “Kami berharap, saka yang sudah dibentuk ini bisa mendukung dan memajukan sektor pariwisata di PPU,” ujarnya.

Pasalnya, dukungan tersebut merupakan hal penting dalam mendukung peningkatan pariwisata yang sangat potensial di PPU. Untuk mengelola seluruh potensi yang tersebar tentulah dibutuhkan campur tangan dari semua pihak. Salah satunya Saka Pariwisata yang dibentuk itu. Sehingga dengan demikian, dapat menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah daerah kepada masyarakat setempat dalam mengelola pariwisata yang ada. Tentunya, dengan aktif menjalankan tanggung jawab yang telah diprogramkan. “Kami berharap, seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di lingkungan pemkab. PPU memiliki Saka masing-masing. Karena peran yang cukup penting sebagai perpanjangan tangan menjalankan program,” tambah Almuddin.

Selain itu, ia pun menyetujui pengelolaan sektor pariwisata yang cukup besar potensinya itu sangat membutuhkan kontribusi dan koordinasi yang baik di semua elemen masyarakat. Sehingga dengan demikian, segala potensi yang ada tersebut dapat dikelola secara maksimal demi kemajuan dunia wisata. Yang nantinya juga turut memberikan andil bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

Sebelumnya, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten PPU, Sudirman selaku Ka. Kwarcab, mengatakan dengan terbentuknya satuan karya pramuka pariwisata di Kabupaten PPU ini, dapat menjadi wadah untuk membantu program-program dinas pariwisata. Pada kesempatan itu, ia pun memberikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik. “Selamat kepada seluruh pengurus saka pramuka pariwisata, mudah-mudahan dengan kehadiran saka ini, bisa memajukan kepramukaan dan kepariwisataan di PPU, lakukan kerjasama dengan saka-saka lainnya untuk membentuk generasi penerus yang berkarakter mulia, trampil serta mandiri sesuai dengan janji pramuka Trisatya dan Dasadarma. Keinginan untuk menjadi kabupaten Pramuka pun tidak mustahil untuk dicapai karena hingga saat ini telah terbentuk sembilan (9) saka di PPU termasuk saka pariwisata yang baru saja dilantik,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, turut dihadiri anggota pramuka, pengurus dan anggota pramuka dari saka yang ada di Kabupaten PPU. (Hms7-hms9/*/nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.