Jelang HKG PKK ke-45 Tingkat Provinsi, Panitia Matangkan Demplot

by -168 Views

BERITAPENAJAM.Net-Panitia Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 telah menyiapkan kebun demonstrasi plot (demplot) yang akan menjadi model atau kebun contoh yang dapat dilihat oleh peserta HUT PKK yang datang dari 9 Kabupaten Kota di Kalimantan Timur (Kaltim) pada 25-28 April mendatang.

Penanggung jawab pembangunan kebun demplot Eko Nurcahyo menjelaskan, kebun PKK ini telah dirancang sejak bulan Agustus 2016 dan akan siap digunakan pada kegiatan HUT PKK.

“Kebun PKK yang disiapkan akan menampilkan aneka tanaman holikutura seperti bawang merah, cabai, tomat, buncis, kacang panjang dan kangkung. Sementara tanaman buah yang disiapkan adalah timun, semangka dan melon serta puluhan pot tanaman strawberry,” terangnya, beberapa waktu lalu

.

Selain kebun terbuka, tambah Eko, terdapat juga kebun tertutup berupa green house besar yang terbagi dalam empat bagian yaitu segmen tanaman anggrek, tanaman obat keluarga (toga), tanaman buah dan sayur yang ditanam secara hidroponik tanpa menggunakan tanah.

“Semua tanaman telah siap tinggal dipindahkan saja ke dalam green house tiga hari sebelum acara dimulai. Kita berharap, aneka tanaman dalam ini mampu memberikan pengetahuan baru bagi seluruh peserta,” ungkap Eko.

Tanaman hidroponik yang ada dalam green house ini adalah selada, kangkung dan beberapa tanaman sayur lainnya yang mudah tumbuh dengan cepat.

Tidak lupa panitia juga menyiapkan tempat istirahat berupa gazebo, kolam ikan dan area sebagai penanda HUT PKK di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah yang baik dan memberi kesan serta kenangan yang berkesan bagi seluruh peserta.

“Ini adalah kebun PKK yang terbesar baik luasan tanam dan luasan green house yang dibangun. Kita berharap, kegiatan ini dapat memberi kesan dan contoh yang mudah ditiru oleh seluruh peserta yang datang,” harap Eko.(Toy/Nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.