Jatah Elpiji Berkurang, Bright Gas 5,5 Kg Kurang Di Minati

by -119 Views

BERITAPENAJAM.Net – Jatah pasokan elpiji subsidi 3 Kg di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berkurang lantaran diwajibkannya setiap pangkalan memiliki tabung Bright Gas nonsubsidi 5,5 Kg oleh Pertamina. Di tahun sebelumnya jatah elpiji subsidi 3 Kg sebanyak 1,7 juta pertahun, namun di tahun 2017 menjadi 1,5 juta karena dilakukannya kombinasi ke Bright Gas 5,5 Kg.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) bahwa ada wacana pihak pertamina untuk mengalihkan tabung gas subsidi ke tabung 5,5 Kg nonsubsidi, sehingga Bright Gas mulai diperkenalkan kepada masyarakat.

“Memang ada wacana peralihan itu, tetapi hal itu tidak mudah, butuh waktu. Sama halnya dengan minyak tanah ke elpiji, jadi setiap pangkalan itu wajib memiliki 10 tabung bright gas 5,5 kg,”ungkap Kepala Bidang Diskukmperindag Rusli, Selasa, (15/8/2017).

Rusli menuturkan adanya penambahan Bright Gas 5,5 Kg membuat jatah pasokan gas subsidi yang diberikan pertamina ditahun ini berkurang, dari jumlah 1,7 juta tabung di tahun sebelumnya menjadi 1,5 juta di tahun 2017.

“Adanya penambahan bright gas 5,5 Kg disetiap pangkalan, sehingga gas elpiji subsidi disetiap pangkalan dikurangi dan ditutupi oleh Brigh Gas dan itu wajibkan disemua pangkalan oleh petamina. Hal itu dilakukan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat,” tutur Rusli.

Dirinya berharap Bright Gas 5,5 Kg tersebut diperuntukan kepada masyarakat kelas menengah keatas dan gas elpiji 3 Kg dipergunakan oleh masyarakat pelaku usaha mikro sampai dengan keluarga kelas menengah ke bawah.

Rusli juga menerangkan bahwa banyaknya keluhan pemilik pangkalan dikarenakan Bright Gas nonsubsidi tersebut kurang diminati oleh masyarakat luas, sehingga tabung gas 5,5 Kg sulit terjual.

“Ini banyak pangakaln yang mengeluh karena dalam sebulan stok bright gas itu dalam sebulan belum tentu laku terjual,” ucapnya.

Bright Gas 5,5 Kg merupakan varian terbaru yang termasuk dalam kategori umum (Nonsubsidi).(Win/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.