Hasil Padi Dengan Memanfaatkan Kotoran Hewan Ternak Lebih Menyehatkan

by -166 Views

BERITAPENAJAM.Net- Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), melalui Kepala Bidang (Kabid) Holikultura Distanak Bambang Marjuki mengatakan, bahwa kualitas padi organik lebih baik dibandingkan non organik, dan juga hasil padi dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak ini lebih sehat.

“Untuk tahun ini kita terus terapkan itu melihat padi organik ini sangat baik hasilnya karena tidak memakai zat kimia,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Dirinya juga menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya sedang mengembangi padi organik di Kecamatan Waru, Desa Bangun Mulyo.

“Selama beberapa bulan terakhir kita sudah menanam padi dengan menggunakan pupuk organik seluas 20 hektar di Desa Bangun Mulyo,” jelasnya.

Selain hasil padi yang berkualitas dan sehat, tambah Marjuki, pengembangan padi organik tersebut juga lebih menguntungkan.

“Kalau organik itu nilai jualnya lebih tinggi harganya,” tuturnya.

Menurutnya, upaya pengembangan padi organik ini juga dilakukan untuk mengurangi angka ketergantungan terhadap pestisida.

“Dengan sistem organik ini, petani juga dapat menghemat biaya, karena ini hanya mengandalkan kotoran ternak saja, dan juga kualitas serta harga jualnya tinggi,” pungkasnya (Toy/Nit).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.