Gelobang Besar, Nelayan Api-api Terpaksa Istirahat

BERITAPENAJAM.NET-Kondisi besarnya gelombang yang saat ini di wilayah perairan Penajam Paser Utara (PPU) dan sekitarnya menyebabkan banyaknya nelayan tidak melaut. Hal ini menyebbakan kondisi perekonomian masyarakat nelayan di daerah salah satu pesisir Desa Api-api melemah, pasalnya sebagian  masyarakat di daerah tersebut menggantungkan dirinya sebagai nelayan.

Adi salah satu nelayan di daerah tersebut, mengungkapkan bahwa kondisi tersebut sudah terjadi kurang lebih lima hingga enam bulan terahir. “Mau di apa, kondisi laut yang kurang bersahabat sementara waktu kita beristirahat. Nunggu gelombang kalau tidak besar,” ucap pria yang mengunakan Bagang  menangkap hasil laut.

Hal serupa juga dikatakan Ahmad Muhibullah salah satu pemborong ikan di daerah tersebut menjelsakan bahwa hasil tangkapan nelayan sangat menurun drastis. “Gelombang besar, ikan kurang, nelayan terpaksa istirahat. Kita hanya bisa berdoa agar angin selatan tidak berhembus terlalu lama agar nelayan bisa melaut lagi,” ucapnya.

Menurut informasi yang dihimpun di lapangan sebagian nelayan mengalikan mata pencarian menjadi buruh banguan guna menyambung hidup, sembari menunggu gelombang tidak begitu besar.(bp1/qla)

Random Posts

Leave a Reply