Empat Tahun Keberhasilan Pembangunan Daerah Bersama UPT PU Kecamatan di PPU

Masyarakat Dukung Sepenuhnya UPT PU, Bangga dan Seratus Persen Sangat Membantu

BERITAPENAJAM.Net – Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT-PU) gagasan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar kini telah berusia empat tahun. Sejak dibentuk 2014 silam, berbagai prestasi gemilang telah ditorehkan dan tentunya langsung dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat hingga pelosok desa di Kabupaten muda ini.

“Oleh karena itu kami berharap siapapun Kepala daerah di Kabupaten PPU mendatang, UPT PU ini dapat dilanjutkan atau bahkan lebih ditingkatkan misalnya melalui penambahan alat-alat berat yang telah ada dimasing-masing kecamatan saat ini, peningkatan jumlah personil dilapangan atau tehnisi yang dilibatkan dan sebagainya,” pinta Bupati PPU, Yusran Aspar dalam satu kesempatan.

Sejak terbentuknya UPT PU di empat kecamatan, Yusran Aspar secara tidak langsung memang telah  melimpahkan kewenangannya  kepada  camat, khususnya yang berkaitan dengan teknis pembangunan di tingkat kecamatan. Bahkan sejak awal Yusran sudah optimistis, kebijakan ini akan menjadi cara untuk percepatan  pembangunan desa-desa tertinggal yang ada di wilayah ini.

Sebenarnya apa yang dilakukan orang nomor satu di PPU itu juga bukan tanpa alasan. Dirinya menyebutkan,  setengah dari jalan kabupaten yang menghubungkan antar desa/kelurahan  di wilayah PPU masih berada dalam kondisi yang memerlukan perbaikan atau bahkan belum ada. Sementara usulan untuk pembangunan infratuktur jalan, harus melalui proses administrasi panjang dan berbelit, serta kerap sekali membuat usulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa itu menguap di tengah jalan.

“Untuk itu, gagasan ini harus mampu menjawab persoalan infrastuktur di seluruh desa/kelurahan  yang ada di Kabupaten PPU selama ini,” pintanya.

Benar saja, setelah berjalan lebih dari 4 tahun pembentukan UPT PU Kecamatan di Kabupaten PPU hingga 2018 ini, berbagai pembangunan desa/kelurahan mulai jalan umum, jalan tani, drainase mampu diback up oleh UPT PU yang ada di masing-masing kecamatan.

Tak tanggung-tanggung, dalam data terakhir yang diperoleh dari Dinas PU , tercatat hingga tahun 2017 total jalan yang dikerjakan telah mencapai  ratusan kilometer jalan di PPU telah selesai dikerjakan di empat kecamatan melalui UPT PU Kecamatan. Ini dapat dibayangkan jika daerah tidak memiliki UPT PU Kecamatan tersebut, pasti  masyarakat masih sulit melihat hamparan jalan ratusan kilometer di lingkungan mereka.

Selain itu pastilah berapa besar angaran daerah yang  harus dikeluarkan untuk pelaksanaan pembangunan tersebut jika tidak dikerjakan melalui UPT PU. Tentu ini merupakan gagasan brilian bagi Kabupaten PPU yang patut kita apresiasi bersama.

Sementara itu jika mengandalkan APBD untuk suluruh pembangunan, pengalokasian anggaran untuk pembangunan infrastruktur daerah yang termuat untuk APBD berlaku skala prioritas, sehingga proyek berskala kecil dan tidak terlalu mendesak kerap kali dikesampingkan tak  terkecuali proyek infrastruktur desa/kelurahan.

Pelaksanaan pembangunan di Kabupaten PPU  yang dilaksanakan melalui UPT PU, memang memiliki jangkauan luas di masyarakat. Saat ini, usulan masyarakat desa atau kelurahan bahkan sangat tinggi. Terlihat juga sarana yang tersedia dimasing-masing UPT Kecamatan seperti alat berat tak pernah berhenti beroperasi di lapangan.

“Kami minta kepada masing-masing UPT-PU Kecamatan agar  selalu mendata seluruh badan jalan yang telah dibuka. Pendataan badan jalan tersebut untuk mempermudah melaksanakan program peningkatan jalan, sehingga pembangunan jalan di wilayah PPU berlangsung berkesinambungan, ” Yusran Aspar.

Sementara  untuk mengakomodir semua usulan masyarakat di setiap desa dan kelurahan, sebagai biaya operasional di lapangan, Pemerintah Kabupaten PPU  juga menyiapkan anggaran operasional untuk UPT-PU Kecamatan. Yang jelas UPT-PU Kecamatan terus berupaya menangani seluruh persoalan infrastruktur jalan lingkungan dan usaha tani di setiap desa dan kelurahan yang tersebar di masing-masing kecamatan. (Humas6)

Apa komentar mereka tentang Kinerja UPT PU selama 4 Tahun terakhir yang ada di Kabupaten PPU :

  1. Murtan (Ketua RT 14 Kecamatan Waru)

Dulu ketika Pemerintah Daerah belum memiliki UPT PU masyarakat kita sangat kesulitan terutama untuk pembangunan  jalan seperti jalan tani, jalan perkebunan, jalan dilingkungan masyarakat dan sebagainya. Namun sejak adanya UPT PU, alhamdulillah semua kini sebagian besar dapat dikerjakan. UPT PU memang telah diakui masyarakat bahkan dengan adanya UPT PU saya mengatakan seratus persen dapat membantu kita.

Salah satu contoh, saya sebagai Ketua RT pada tanggal 25 pebruari 2018 beberapa waktu lalu saya mengajukan proposal kepada desa untuk perbaikan jalan di Kecamatan Waru ini, beberapa hari kemudian alat berat telah diturunkan untuk pengerjaannya. Ini sangat luar biasa sangat membantu sekali.

  1. Sudono (Kepala Desa Bangun Mulya)

Hingga saat ini kerja sama antara UPT PU Kecamatan dengn Desa Bangun Mulya berjalan dengan baik. Berdasarkan dari pengajuan atau profosal yang telah diajukan masyarakat baik kelompok tani, ketua RT  dan sebagainya yang masuk kepada Kantor Desa sebagian besar telah mampu diakomodir oleh UPT PU Kecamatan Waru.

Namun dalam kondisi musim hujan seperti saat ini pengerjaan melalui UPT PU dilapangan memang terkadang menemui sedikit kendala seperti lokasi yang becek menyulitkan keluar masuknya alat berat yang ada, tetapi semua itu masih mampu dikondisikan.

Kedepan kami berharap fasilitas yang ada pada UPT PU masing-masing kecamatan akan lebih banyak, karena salah satu contoh bahwa di desa bangun Mulya ini insfrastruktur jalan sangat banyak sehingga jika seluruhnya harus ditangani melalui UPT PU kemungkinan akan mengalami kesulitan karena alat-alat yang ada juga masih harus membatu pengerjaan di kecamatan lainnya.

  1. Sariem dan Jumiani (Warga Kecamatan Waru)

UPT PU jelas sangat membantu masyarakat khususnya dalam pembangunan insfrastruktuk jalan dilingkungan masyarakat. Namun kami berharap kalau bisa pengerjaan yang dilakukan UPT PU lebih cepat lagi dalam pengerjaannya.

  1. Hardiyah (Warga Petung Kecamatan Penajam)

Kami melihat UPT PU ini sangat luar biasa mampu membantu masyarakat diseluruh wilayah PPU. Dalam keadaan darurat seperti pembuatan parit air ketika banjir, bedengan dan sebagainya dapat dilakukan. Jika kita tidak memiliki UPT PU ini sudah pastilah masyarakat akan kesulitan sekali.

  1. Toto Sunaryo (Warga Kecamatan Babulu)

Kerja UPT PU selama ini khususnya di kecamatan Babulu sangat membantu dan mampu mempercepat pembangunan di daerah khususnya di Desa-desa. Gagasan Bupati PPU, Bapak Yusran Aspar ini perlu kita dukung terus agar kedepannya UPT PU ini lebih eksis lagi.

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

KPU PPU Ikut Menyerukan Anti Berita Hoax

Kam Mar 15 , 2018
Masyarakat Dukung Sepenuhnya UPT PU, Bangga dan Seratus Persen Sangat Membantu BERITAPENAJAM.Net – Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT-PU) gagasan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar kini telah berusia empat tahun. Sejak dibentuk 2014 silam, berbagai prestasi gemilang telah ditorehkan dan tentunya langsung dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat hingga pelosok […]
%d blogger menyukai ini: