Dukung Swasembada, UPTD Balai Benih Siapkan Bibit Unggul Berkualitas

by -261 Views

BERITAPENAJAM.Net-Mendukung program swasembada jagung dan kedelai tahun 2017, Unit Pelaksana Teknis (UPTD Balai Benih Utama Palawija dan Hortikultura yang berada di Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara, telah siap dengan bibit unggul yang berkualitas bagi petani.

Kepala UPTD Balai Benih Utama Palawija dan Hortikultura Kabupaten PPU, Sukatnar mengatakan, pihaknya mendukung swasembada tanaman jagung dan kedelai di Kabupaten PPU, karena kabupaten ini mendapat jatah tanam jagung lebih dari 3.000 hektar.

“Kita telah menyiapkan benih kedelai jenis Anjasmoro, Grobogan dan Kepak Kuning. Sedangkan benih jagung masih mengandalkan benih unggul jenis Bisma dan Arjuna,” jelas Sukatnar, Selasa (25/4/2017).

Saat ini pihaknya berupaya menyiapkan bibit masing-masing tiga ton yang siap digunakan oleh petani. Diantaranya benih palawija, jagung dan hortikultura yang dihasilkan UPTD yang berada di bawah Dinas Pertanian ini telah memenuhi standar benih unggul seperti yang disyaratkan.

“Harapannya, bibit kedelai dan palawija yang dihasilkan dapat menambah jumlah bibit jagung dan kedelai bantuan dari pemerintah pusat untuk masa tanam 2017,” tuturnya

Sementara itu, tambah Sukatnar, terdapat juga bibit hortikultura lainnya yang disiapkan diantaranya jenis bunga-bungaan, sayuran serta buah-buahan andalan Kabupaten PPU seperti melon dan semangka. Kabupaten Penajam Paser Utara yang terkenal sebagai lumbung padi di Kaltim, dalam jangka panjang UPTD Balai Benih Utama Palawija dan Hortikultura juga akan mengebangkan benih padi unggul untuk memenuhi kebutuhan bibit di Kabupaten PPU.

“Ke depan kita juga akan mencoba mengembangkan bibit padi unggul yang sesuai dengan kondisi tanah di Kabupaten PPU. Saat ini, untuk benih padi hanya ada di Desa Rempanga Kutai Kartanegara yang dimiliki oleh Dinas Pertanian Provinsi Kaltim,” jelas Sukatnar.(Toy/Nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.