Distanak PPU Terapkan Dua Pola Perkawinan Hewan Sapi Ternak

by -155 Views

BERITAPENAJAM.Net– Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini sedang menerapkan dua pola perkawinan pada hewan ternak sapi yaitu Inseminasi Buatan (IB) dan perkawinan alami untuk meningkatkan produksi dan produktivitas ternak sapi potong.

Hal ini dilakukan sebagai upaya program dari Kementrian Pertanian yang dimana semua indukan wajib bunting.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak PPU, Arif Murdiyatno mengungkapkan, sejauh ini dua program tersebut sudah bergulir dan dilakukan secara bersamaan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas ternak sapi potong itu.

“Segala upaya akan kita lakukan untuk mencapai target tahun ini. Karena kali ini berbeda dengan sebelumnya, upaya khusus ini harus beda pencapaiannya pun harus berbeda juga,” ungkapnya, Kamis  (08/07/2017).

Menurutnya, dengan menjalankan dua program tersebut Distanak menargetkan satu sapi induk produktif dalam setahun dapat melahirkan satu ekor anak sapi.

Arief berharap pencapaian populasi ternak sapi pada tahun 2017 ini dapat meningkat signifikan.

“Harapannya pencapaiannya harus berbeda dari sebelumnya, dimana pada tahun 2016 tercatat populasi ternak sapi sekitar 16.767 ekor,” pungkasnya.(Toy/nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.