Disperindagkop PPU Akan Periksa Sejumlah Jajanan Buka Puasa

by -164 Views

BERTAPENAJAM.Net-Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam waktu dekat akan memeriksa secara intensif sejumlah jajanan buka puasa yang dijual para pedagang musiman selama Ramadhan.

“Pemeriksaan jajanan ini melibatkan  Dinas Kesehatan, Pertanian, Kesbangpol  dan Satpol PP,” kata Kepala Bidang Perdagangan, Disperindagkop PPU Rusli, Rabu (31/5).

Menurutnya, pada saat bulan puasa seperti ini, dimana tawaran dagangan makanan siap saji berbuka puasa juga marak, maka pengawasan dan pengambilan sampel makan sangat diperlukan demi menjaga kesehatan umat islam yang menjalankan puasa.

Pemeriksaan bahan makanan serta jajanan siap saji di wilayah PPU tersebut, akan dilakukan selama 9 hari dimulai pada (6/6) mendatang.

“Jangan sampai ada oknum yang mengambil kesempatan dalam momentum puasa ini dengan prsoses yang menyimpang hanya demi meraup keuntungan,” tuturnya.

Rusli juga mengungkapkan, kewaspadaan dengan melakukan pengambilan sempel makanan itu sangat beralasan, untuk memastikan makanan siap saji itu tidak mengandung sejumlah bahan pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya, yang dapat berdampak pada kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi.

“Jika kita temukan jajanan yang mengandung bahan zat kimia jelas kita sita,” tegasnya.

Karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap sejumlah tawaran makanan yang dijaja di sejumlah titik tempat penjualan itu.

“Jangan karena melihat tampilannya yang menarik dan mencolok terus tertarik untuk membelinya. Tetapi harus dapat memilih mana jajanan yang aman untuk dikonsumsi,” pungkasnya.(Toy/Nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.