Disdikpora Gelar Festival Merah Putih

by -158 Views

BERITAPENAJAM.Net – Dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 72, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (DISDIKPORA) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar acara Festival Merah Putih dengan tema “Bangga Menjadi Anak Indonesia Yang Berbhinneka Tunggal Ika” di Gedung Graha Pemuda, Rabu, (23/08). Festival Merah Putih ini diikuti oleh anak-anak TK dan Guru TK Se-Kabupaten PPU dan dibuka secara langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten PPU Hj. Rustini Yusran.

Dalam kesempatan tersebut, Miftahul Choir mewakili Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) menyampaikan rangkaian kegiatan Festival Merah Putih ini diawali dengan kegiatan karnaval/ pawai dan dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni anak TK, bazar makanan tradisional berbahan dasar singkong termasuk tumpeng dari singkong yang merupakan hasil kreasi guru-guru TK se- kabupaten PPU.

Miftahul Choir menambahkan acara pentas seni yang ada ini bukan merupakan lomba, tetapi merupakan ajang untuk melatih keberanian dan kemandirian anak

“Agar kelak nantinya anak-anak kita akan menjadi anak yang lebih baik lagi dan lebih hebat kedepannya,” ujarnya.

Miftahul berharap agar pelaksanaan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan mendapat dukungan serta motivasi dari para pengurus IGTKI, para Kepala Sekolah TK, para pendidik serta instansi-instansi terkait.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disdikpora PPU Marjani juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para panitia penyelenggara atas terselenggaranya kegiatan Festival Merah Putih dalam rangka perayaan HUT RI ke – 72.

“Salah satu bentuk kiprah kita dalam mengisi kemerdekaan ini adalah pembangunan dalam bidang pendidikan, khususnya pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK). Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pendidikan atau penguatan pendidikan karakter, salah satunya adalah Patriotisme. Dalam hal ini, maksud dari patriotisme itu sendiri adalah paling tidak mengenalkan jati diri bangsa seperti dengan memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-72 ini”, terang Marjani.

Marjani juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk kreatifitas dan inovasi para guru yang telah mengenalkan dan membangun sejak dini karakter patriotisme anak untuk lebih mencintai daerah dan tanah airnya.

“Apalagi dengan tema kegiatan ini “Bangga Menjadi Anak Indonesia Yang Berbhineka Tunggal Ika”, yang merupakan pilar dari kebangsaan. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi tersendiri dalammendidik anak-anak kita. Kedepan, mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan lebih baik lagi, lebih meriah lagi dan lebih semarak lagi”, harap Marjani.

Diakhir kegiatan, Bunda PAUD Kab. PPU Hj. Rustini Yusran menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini yang sangat berguna dan bermanfaat bagi perkembangan anak sekaligus untuk menyalurkan bakatnya. Rustini berharap kepada para ibu-ibu untuk dapat terus menerus mengikuti acara seperti ini.

“Semoga anak-anak kita dapat menjadi anak-anak penerus bangsa dimasa yang akan datang”, tutup Rustini. (Humas05/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.