Dinkes PPU Menemukan 726 Kasus Malaria di PPU

BERITAPENAJAM.Net– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada Januari tahun 2016 hingga Januari 2017 menemukan sebanyak 726 kasus malaria satu diantaranya meninggal dunia.

“Sejauh ini kami sudah mendatangi daerah yang jarang dikontrol untuk mengecek titik-titik yang rawan terserang malaria,”ujar Pengelola Program Malaria Dinkes PPU Harjito Ponco Waluyo, Senin (06/03/2017).

Melihat saat ini dimana wilayah PPU masuk musim penghujan, lanjut Ponco Waluyo, kasus tersebut dapat saja bertambah di 2017.”Kami sudah membagikan sebanyak 150 kelambu di daerah yang rawan sekali terserang malaria seperti di daerah sotek kilometer 18 sampai 32 bongan,” terangnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat khususnya daerah endemis atau yang rawan terserang malaria untuk dapat mencegah berkembangan nyamuk diwilayah tersebut.”Yang pertama jika masuk hutan berpakaianlah yang tebal, dan juga jika ada kolam ikan tolong jangan diputas atau disterum sebab dengan adanya ikan disitu, ikan akan memakan jentik jentik nyamu, serta kalau ada gejala-gejala seperti panas dingin segera melapor ke Puskesmas jangan didiamkan saja, jangan sampai ada penderita yang meninggal lagi,” tutupnya.(toy/nit)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

PDAM PPU Berupaya Memaksimalkan Pemanfaatan Sumber Daya Air Bersih

Sen Mar 6 , 2017
BERITAPENAJAM.Net– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada Januari tahun 2016 hingga Januari 2017 menemukan sebanyak 726 kasus malaria satu diantaranya meninggal dunia. “Sejauh ini kami sudah mendatangi daerah yang jarang dikontrol untuk mengecek titik-titik yang rawan terserang malaria,”ujar Pengelola Program Malaria Dinkes PPU Harjito Ponco Waluyo, Senin […]
%d blogger menyukai ini: