Dinas Ketahanan Pangan PPU Pastikan Pasokan Beras Aman Hingga Delapan Bulan Kedepan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan PPU, Surito

 

BERITAPENAJAM.Net,- Pemerintah Daerah Penajam Paser Utara dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyebutkan secara umum ketersediaan dan kebutuhan pangan untuk saat ini jumlah stock beras yang merupakan bahan pangan pokok berada pada kisaran 11.549 Ton dengan jumlah kebutuhan 1.299 Ton/Bulan.

“Sehingga dari stock yang ada ini masih cukup delapan bulan kedepan,” ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Surito Kepada wartawan beritapenajam Rabu, (17/06/2020).

Surito juga menyatakan, dengan stock yang ada ini hingga delapan bulan kedepan ini dipastikan akan memasuki pada periode panen berikutnya sehingga akan ada lagi pasokan dari dalam daerah yang merupakan tambahan dari tahun yang akan datang 2021.

“Jadi warga tidak perlu khawatir dan panik dalam melakukan pembelian bahan pangan secara berlebihan,” bebernya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan ini juga menjelaskan, dari pasokan beras yang ada sebagian besar dari produktivitas dalam daerah, dan ada pula berada diluar daerah seperti dari Sulawesi, Jawa dan sebagian dari sekitar PPU.

“Pasokan dari luar yang telah tercatat kurang lebih, 237 Ton sedangkan dari produksi dalam daerah sekitar 11.312 Ton sehingga total keseluruhan pasokan pangam kita khusus beras sebanyak 11.549 Ton,” terang Surito saat diwawancarai diruang kerjanya.

Lanjut Surito, dengan jumlah pasokan yang telah ada saat ini berdasarkan jumlah kebutuhan konsumsi warga PPU dalam sebulan sebesar 1.299 Ton/Bulan sementara dalam setahun jika diakumulasikan sebesar 17.000 Ton.

“Jadi sebenarnya stock pasokan beras di PPU dalam setiap tahun itu surplus pangan khususnya beras,” ungkap Kadis Ketahanan Pangan.

Ia juga mengungkapkan, dengan stock pasokan beras yang surplus setiap tahunnya pemerintah daerah juga mampu mensuplai beras didaerah sekitarnya seperti Kabupaten Paser, Balikpapan dan, Samarinda bahkan juga hingga Kalimantan Selatan (Kal-Sel).

Tambahnya, untuk luasan lahan produktivitas pertanaman disekitar PPU ini sekitar 18.000 hingga 21.000 hektare produktivtas per tahunya jadi jumlah luas lahan yang ada ini diharapkan nantinya dapat memberikan dukungan terhadap ketersediaan pangan khusus komoditas beras.

“Harapannya di tahun berikutnya persoalan jumlah produktivitas beras ini dapat ditingkatkan, khususnya dalam ketersediaan ketahanan pangan yang di PPU,” pungkasnya (syahidr5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Produktivitas Beras Surplus PPU Mampu Suplai Keluar Daerah

Rab Jun 17 , 2020
  BERITAPENAJAM.Net,- Pemerintah Daerah Penajam Paser Utara dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyebutkan secara umum ketersediaan dan kebutuhan pangan untuk saat ini jumlah stock beras yang merupakan bahan pangan pokok berada pada kisaran 11.549 Ton dengan jumlah kebutuhan 1.299 Ton/Bulan. “Sehingga dari stock yang […]
%d blogger menyukai ini: