Deteksi Ibu Hamil, Dinkes PPU Lakukan Screening HIV/AIDS

 

 

BERITAPENAJAM.Net-HIV/AIDS merupakan jajaran penyakit yang paling ditakuti  di dunia sebab, penyakit akibat infeksi virus HIV ini merusak sistem kekebalan tubuh.

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndromesendiri merupakan stadium akhir dari infeksi HIV, pada tahap tersebut kekebalan tubuh sudah hilang sepenuhnya.

Salah satu penularan HIV adalah melalui hubungan seksual, secara biologis dan anatominya, wanita lebihmudah tertular dibandingkan laki-laki, lebih berpotensi laki-laki positif menularkan HIV kepada wanita negatif, dibanding wanita positif menularkan HIV ke laki-laki negatif , tetapi wanita memiliki potensi untuk menularkan HIV ke anak karena bisa mengandung.

Penularan HIV dari ibu ke bayi dapat dilakukan dengan berbagai penanganan diawal dengan pemeriksaan tes HIV bagi ibu hami, untuk mencegagh penyebaran HIV di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan melakukan beberapa tindakan untuk mencegah HIV/AIDS.

“Intinya kita khususkan atau yang diprioritaskan itu ibu hamil, pasien TB (Tu, dan yang puya faktor beresiko nah itu kita lakukan screening , untuk pencegahan sasaran standar pelayanan minimal kita itu, target kita.”ucap Dokter Eka Wardana

Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Penyakit Menular Dinkes PPU, dr Eka Wardana juga menambahkan, pihak Dinas Kesehatan akan melakukan khusus screening terhadap ibu hamil, pengguna jarum suntik, TB,dan faktor beresiko seperti lesbian, dan homo,waria itu yang akan dilakukan screening atau pemeriksaan sebagai bentuk pencegahan HIV/AIDS.

“ Jadi semua ibu hamil di PPU ini kita lakukan pemeriksaan Screening tes HIV, ini sebagai bagian dari upaya pencegahan, karena sebagian besar penularannya pada ibu hamil. ”pungkas dr Eka Wardana. (edz/bp5)

 

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Daun Kemangi Bisa Menyehatkan Jantung, Simak Penjelasannya

Rab Feb 26 , 2020
    BERITAPENAJAM.Net-HIV/AIDS merupakan jajaran penyakit yang paling ditakuti  di dunia sebab, penyakit akibat infeksi virus HIV ini merusak sistem kekebalan tubuh. AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndromesendiri merupakan stadium akhir dari infeksi HIV, pada tahap tersebut kekebalan tubuh sudah hilang sepenuhnya. Salah satu penularan HIV adalah melalui hubungan seksual, […]
sumber gambar: suaramuslim.net
%d blogger menyukai ini: