Delapan Faktor Munculnya Kantung Mata

by -159 Views

BERITAPENAJAM.Net -Kantung mata merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi banyak wanita. Meski bukan termasuk masalah kesehatan yang serius, lingkaran hitam di bawah mata sering juga disebut mata panda ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bagi sebagian orang. Pasalnya, wajah jadi terlihat kuyu dan tidak segar.

Sebelum buru-buru mencari cara mengatasinya, ada baiknya jika Anda mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Karena jika Anda tahu penyebab pastinya, Anda akan lebih mudah mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya kantung mata:

1 Faktor Genetik

lingkaran hitam mata pandaGenetik termasuk salah satu faktor utama yang mempengaruhi adanya kantung mata selain alergi dan hidung tersumbat. Lingkaran hitam di bawah mata ini lebih sering muncul pada mereka yang memiliki kulit hitam dan penduduk Asia pada umumnya. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan melanin yang lebih tinggi pada kulit.

Kantung mata juga dapat dipengaruhi oleh bentuk wajah, struktur tulang, kondisi kulit seperti eksim atopik, maupun penuaan. Saat tubuh menua, kulit kehilangan kolagen dan menipis sehingga urat darah halus menjadi lebih jelas terlihat.

Untuk mengetahui apakah kantung mata Anda disebabkan oleh faktor genetik atau penuaan, Anda bisa mengikuti cara berikut ini. Pencet secara lembut daerah di bawah mata dengan ujung jari untuk meregangkan kulit dan tahan selama sekitar 30 detik.

Jika area tersebut semakin gelap, kantung mata Anda mungkin disebabkan oleh faktor genetik atau penuaan. Jika warna tidak berubah, dapat disebabkan oleh alergi atau paparan sinar UV. Jika hasilnya berubah-ubah dan lingkaran hitam tidak hilang sepenuhnya saat Anda melepaskan tangan, namun lebih tersamar, Anda mungkin mengalami kombinasi kelebihan pigmen dan masalah pembuluh darah.

2 Alergi

Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh alergi musiman seperti alergi sari bunga, makanan, kosmetik, dan alergen lainnya yang ada di rumah maupun tempat kerja. Alergi dapat menimbulkan peradangan yang memperbesar pembuluh nadi kecil di bawah mata.

Pembuluh nadi yang bengkak ini menekan kulit di area mata yang tipis sehingga warnanya menjadi jelas terlihat. Konsultasikan jenis alergi Anda ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Jangan mengucek mata Anda saat merasa gatal atau iritasi. Anda justru akan merusak pembuluh kapiler kecil yang dapat menyebabkan kulit sekitar mata bengkak dan berubah warna. Menggaruk dan menggosok mata juga dapat menstimulasi melanocytes (sel penghasil melanin) untuk menggelapkan pigmen di area tersebut.

3 Hidung tersumbat

Saluran hidung yang terssumbat dapat menimbulkan kantung mata karena pembuluh nadi dari mata ke hidung Anda melebar dan menggelap.

4 Kurang vitamin dan nutrisi

Kurangnya vitamin B, E, C, dan K dapat memunculkan kantung mata. Vitamin juga diperlukan dalam kerja kelenjar adrenalin. Saat kelenjar tersebut kelelahan akibat stres, konsumsi kafein, gula, dan alkohol berlebihan, penyerapan vitamin jadi berkurang sehingga wajah terlihat bengkak dan kantung mata muncul.

Kurangi makanan berlemak dan goreng-gorengan serta rajinlah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Juga kurangi konsumsi garam karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan air sehingga pembuluh darah di bawah kulit tampak lebih biru.

5 Dehidrasi

Minumlah cukup air untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan pembuluh darah meluas dan bengkak. Kurangi konsumsi alkohol dan kafein karena membuat tubuh dehidrasi dan kurang tidur.

6 Merokok

Merokok dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah, seperti mengerutkan pembuluh sehingga sirkulasi memburuk dan pembuluh darah terlihat lebih jelas dan gelap. Merokok juga dapat mengurangi aliran oksigen ke kulit seperti alkohol.

7 Hormon

Selain dapat menyebabkan anemia, menstruasi dapat mempengaruhi hormon yang menyebabkan kantung mata dan bengkak wajah karena penyimpanan air dan PMS. Kurangi makanan asin, karbohidrat, dan cairan berlebihan. Perubahan hormon lain seperti yang terjadi saat hamil dan menopause juga dapat menyebabkan pembuluh darah bengkak.

8 Kurang tidur

Meski bukan penyebab utama, kurang tidur dapat membuat kita stres dan memunculkan masalah kesehatan lainnya. Kurang tidur dapat membuat kulit lebih pucat dan tampak lelah, sehingga bayangan dan kantung mata tampak lebih jelas.

Sumber: webkesehatan

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.