Cuaca Kurang Bersahabat, Hasil Tangkapan Nelayan Pun Menurun

by -156 Views

BERITAPENAJAM.Net– Cuaca yang belakangan ini tak bersahabat di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengakibatkan tangkapan hasil nelayan pun lesu. Para nelayan tradisional yang berada di Desa Api-Api Kecamatan Waru PPU, mengakui adanya penurunan hasil tangkapan.

Disebut-sebut, penurunan tangkapan ini dikarenakan faktor cuaca di laut yang tidak menentu.

Ansar (47), nelayan Desa Api-Api Kecamatan Waru, PPU mengatakan, saat ini para nelayan kebanyakan mengeluhkan hasil tangkapan yang mengalami penurunan jika dibandingkan pada beberapa waktu sebelumnya.

“Karena ini sudah masuk musim angin selatan otomatis tangkapan pasti menurun. Sebab memang bukan musim ikan kalau sudah angin kencang begini,” ujarnya, Senin (17/7/2017).

Pria kelahiran Sinjai ini membeberkan, biasanya hasil tangkapan ikan dalam sekali melaut bisa di kisaran 15 sampai sampai 20 Kilogram per malam. Kini, hasilnya mengalami penurunan sekitar 10 Kg.

“Dari kitanya sendiri aja lagi sudah mau tetap melaut apa tidak. Paling tidak untuk uang Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali lah,” katanya.

Karena hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika cuaca terus memburuk maka ia akan berhenti sementara untuk melaut. Pasalnya, kondisi angin musim selatan yang kencang membuat nelayan kapal kecil tak akan berani melaut. Jika memaksa melaut, dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan nelayan.(toy/nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.