Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

by -147 Views

Apakah si Kecil Kecanduan Game ?

BERITAPENAJAM.NET-, Kemajuan teknologi telah menghasilkan aneka macam perangkat game yang disukai anak, mulai dari game konsol, game konsol portabel, game tab dan ada juga game online.

Game pun sesungguhnya memiliki dampak positif, yaitu melatih koordinasi antara tangan dan mata serta meningkatkan ketrampilan computing anak. Game juga membuat anak duduk tenang selama berjam-jam. Namun, bagaimana jika kecanduan game menjangkiti anak Anda?

Ibu, mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Kali ini kami akan membahas mengenai beberapa tanda dan cara mengatasi kecanduan game pada anak agar Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan sedini mungkin.

Tanda-tanda anak  kecanduan game

1. Mengabaikan kebutuhan pokoknya

Jika anak Anda tak menghiraukan jam makan meski Anda telah menyiapkan masakan kesukaannya, Anda bisa saja berada dalam masalah.

Anak-anak yang mengalami kecanduan game cenderung mengabaikan kebutuhan pokok seperti makan, tidur dan minum air. Hal ini bahkan dapat berujung pada kematian, seperti yang dialami oleh Chris Stanifort. Pemuda Inggris berusia 20 tahun itu meninggal akibat pembekuan darah setelah berjam-jam duduk dan bermain Xbox dalam posisi yang sama.

2. Menarik diri dari pergaulan

Anak yang mengalami kecanduan game lebih suka menghabiskan waktu mereka di rumah dan tidak tertarik berkumpul dengan keluarga maupun bermain dengan teman-temannya.

Jadi ketika anak Anda mulai menjauhi kawan-kawannya atau mengacuhkan anggota keluarga lain karena ia sibuk bermain game, waspadalah!

3. Lupa mengerjakan PR dan tugas di rumah

Jika wali kelas anak Anda mengadukan ketidakmampuan anak dalam menyelesaikan PR-nya, atau jika prestasi akademik dan nilai-nilainya menurun dan ia mengabaikan tugas-tugas rumah yang biasanya ia lakukan, mungkin ini saatnya Anda bertindak. Segera atasi kecanduan game anak sebelum terlambat.

Cara menyembuhkan anak dari kecanduan game

1. Alihkan perhatiannya

Coba libatkan anak Anda dalam kegiatan olah raga atau kegiatan di luar sekolah yang pernah ia sukai sebelumnya. Jika ia nampak enggan atau tak menunjukkan ketertarikan terhadap kegiatan tersebut, katakan padanya bahwa ia baru boleh bermain gamesesudah ia pergi les renang atau bermain bersama teman-temannya.

Cobalah luangkan lebih banyak waktu untuk anak, misalnya dengan mengajak mereka mengobrol sambil minum teh di sore hari atau mengajak mereka menghadiri acara arisan keluarga. Semakin sering Anda mengajak anak melakukan berbagai aktivitas dan bersosialisasi , semakin ia mengetahui bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan selain bermain game.

2. Tetapkan jadwal bermain

Anda juga bisa mengatasi kecanduan game pada anak dengan membatasi jam bermain mereka. Katakan padanya berapa jam yang dimilikinya untuk bermain.

Jika perlu letakkan sebuah alarm dekat komputer atau televisi agar ia tahu berapa menit yang tersisa untuk bermain. Katakan pada anak bahwa Anda akan mengurangi waktu bermain game di hari berikutnya jika ia bermain melebihi batas waktu.

Mungkin Anda akan menghadapi penolakan dan anak mengamuk ketika Anda menerapkan peraturan baru ini. Tetaplah tenang dan jangan sekali-kali berteriak atau merenggut paksa game konsol dari tangannya, karena hal itu akan membuat situasi makin memburuk.

3. Kunci dan amankan game dari jangkauan anak

Jika anak terus menunjukkan pemberontakannya dan nampak tak punya kesadaran untuk melakukan apa yang telah Anda putuskan demi kebaikannya, maka Anda dapat mengambil langkah terakhir.

Amankan atau sembunyikan perangkat game dari jangkauan anak hingga batas waktu yang menurut Anda tepat. Misalnya, satu atau dua minggu. Atau bisa juga Anda mengamankan perangkat game mereka pada hari-hari sekolah dan hanya mengeluarkannya pada akhir pekan atau hari libur.

Jangan lupa untuk selalu mendampingi anak ketika mereka bermain, Ibu. Dan jangan gunakan games sebagai pengalih perhatian anak agar mereka tidak mengganggu Anda bekerja atau menyelesaikan pekerjaan rumah.

Menyembuhkan anak dari kecanduan game mungkin akan menyita banyak waktu dan perhatian Anda. Namun dengan keyakinan dan cinta kasih pasti upaya Anda akan berhasil!

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.