Besok, Bupati Ground Breaking PT. Agra Bareksa di PPU

by -445 Views

Yusran : Tenaga Kerja Diprioritaskan Putera Daerah

BERITAPENAJAM.NET- PT Agra Bareksa Indonesia (ABI) yang akan membangun pabrik Pulp And Paper di wilayah Kawasan Industeri Buluminung (KIB) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bakal segera terwujud. Betapa tidak, satu di antara anak perusahaan Djarum Group yang membutuhkan tenaga kerja lebih dari 20 ribu tenaga kerja ini besok, Rabu, (8/3) dijadwalkan akan di Ground Breaking oleh Bupati PPU, Yusran Aspar di Buluminung.

Bupati PPU Yusran Aspar saat ditemui membenarkan tentang adanya rencana  kegiatan ground breaking  tersebut. Dirinya mengatakan yakin dan dipastikan pembangunan pabrik Pulp And Paper di Kabupaten PPU ini akan membawa kemajuan yang besar bagi daerah.

“Saya ingat betul ketika berkunjung ke Desa Palalawan Riau Sumatera. Disana ada sebuah desa yang dibangun sebuah perusahaan Pulp And Paper yang sama seperti PPU di wilayahnya. Kemudian dampaknya begitu besar bagi daerah itu jelas terlihat. Dalam beberapa tahun berikutnya, desa tersebut mampu menjadi sebuah kabupaten, begitu besar dampak positif yang ada, “kata Yusran Aspar, Minggu, (5/3) beberapa hari lalu.

Begitu juga rencana pembangunan perusahaan ini di kabupaten PPU kata Yusran Aspar. Dirinya memperkirakan dampak positifnya pasti akan dirasakan oleh daerah PPU mendatang.

“Perusahaan ini akan membutuhkan tenaga kerja yang sangat besar yaitu mencapai 20 ribu tenaga kerja. Untuk memenuhi itu tentunya kita juga prioritaskan putera-putra  daerah didalamnya sesuai keahlian mereka yang dimiliki, “tambahnya.

Bupati Yusran Aspar menngungkapkan sangat menyambut baik atas keinginan PT Agra Bareksa Indonesia yang akan membangun pabrik pulp di Kawasan Industri Buluminung tersebut. Karena selain akan membangun pabrik juga akan membangun kereta api rel kereta api dengan nilai investasi mencapai Rp 2 triliun.

“Kapasitas produksi diperkirakan mencapai Rp 1 juta ton/tahun. Ini merupakan produksi yang sangat besar sekali,” katanya.

Seperti diketahui rencananya PT Agra Bareksa tersebut juga  akan menyiapkan dana sekitar Rp 2 triliun untuk membangun pabrik pulp di Kawasan Industri Buluminung, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU. Selain itu, juga akan dibangun kereta api, rel kereta api sebagai angkutan penyuplai bahan baku dari hutan tanaman industri (HTI) menuju pabrik tersebut.

Untuk mengoperasikan perusahaan pulp ini, PT. Agra Bareksa rencananya akan menggandeng PT Fajar Surya Swadaya (FSS) yang juga merupakan anak perusahaan Djarum Group, yang akan memasok bahan baku kertas. Perusahaan ini memiliki areal 66.659 ha dan telah terdata menjadi anggota Asosiasi Perusahaan Hutan Indonesia (APHI) Kaltim. (Hms6/Nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.