Bahaya Tidur Terlalu Lama yang Patut Diwaspadai

by -273 Views

BERITAPENAJAM.Net– Pada hari libur, Anda tentu ingin bangun lebih siang daripada biasanya karena Anda tidak harus bersekolah atau bekerja ke kantor. Tidur memang memiliki kenikmatan tersendiri terutama jika Anda sedang merasa lelah. Tidur memiliki banyak manfaat bagi setiap orang. Tidur yang baik bagi orang dewasa adalah 8 jam sehari. Banyak orang telah mengetahui jika seseorang kurang tidur, banyak akibat buruk yang akan terjadi dalam tubuh. Tetapi orang yang terlalu banyak tidur pun akan mengalami risiko buruk. Marilah kita bahas risiko yang timbul karena terlalu banyak tidur.

  • Sakit kepala

    Anda pasti pernah mengeluh, “Mengapa saya justru sakit kepala setelah tidur banyak?” Anda mungkin belum tahu bahwa jika Anda kebanyakan tidur, itu dapat berakibat buruk pada neurotransmitter yang ada di otak Anda. Inilah yang mengakibatkan Anda sakit kepala.

  • Diabetes

    Anda mungkin tahu bahwa kurang tidur dapat menyebabkan diabetes, tetapi terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan diabetes. Kadar gula dalam tubuh dapat meningkat jika tidur Anda tidak teratur. Para ahli mengatakan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 9 jam memiliki risiko 50% lebih besar terkena diabetes. Oleh karena itu, tidurlah secukupnya, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes di dalam keluarganya hendaknya mewaspadai kebiasaan tidur Anda.

  • Obesitas

    Karena tidur terlalu banyak, Anda pasti tidak banyak bergerak. Waktu Anda untuk bergerak semakin berkurang akibatnya akan semakin banyak lemak menumpuk di dalam tubuh. Karena kurang bergerak maka pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh hanya sedikit. Jika penumpukan lemak semakin banyak pada tubuh seseorang, maka tubuh orang tersebut akan menjadi semakin berat, karena itu mereka akan menjadi malas untuk melakukan aktivitas. Inilah yang menyebabkan obesitas atau berat badan yang berlebih. Obesitas dapat menjadi pemicu penyakit-penyakit lain dalam tubuh Anda.

  • Sakit punggung

    Sakit punggung tidak hanya disebabkan oleh struktur tempat tidur Anda. Terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan sakit punggung karena Anda tidak banyak bergerak di tempat tidur Anda. Pada saat tidur biasanya tubuh Anda banyak tertumpu pada punggung Anda. Oleh karena itu, orang yang terlalu banyak tidur sering mengeluh sakit punggung. Jangan menyalahkan tempat tidur, Anda tidak perlu membeli tempat tidur baru untuk mengatasi sakit punggung Anda, yang dapat Anda lakukan adalah tidak terlalu banyak tidur.

  • Depresi

    Orang yang kurang tidur maupun orang yang terlalu banyak tidur dapat menderita depresi. Orang yang depresi ingin tidur lebih banyak padahal itu justru akan mengakibatkan depresi semakin buruk. Depresi itu sendiri dapat mengakibatkan gangguan-gangguan kesehatan lainnya.

  • Konsentrasi menurun

    Tidur terlalu banyak dapat memengaruhi penurunan fungsi sel-sel otak. Jika hal ini sampai terjadi maka Anda tidak dapat fokus dengan apa yang sedang Anda kerjakan.

  • Mengurangi minat bersosialisasi

    Karena terlalu banyak tidur maka waktu Anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar Anda menjadi berkurang. Anda lebih memilih tidur daripada harus keluar dan berteman dengan orang lain. Karenanya Anda bisa disebut orang yang kurang pergaulan dan hal ini dapat menyebabkan terjadinya hal-hal negatif lainnya bagi kehidupan Anda.

  • Suasana hati yang tidak baik

    Terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan suasana hati yang tidak baik. Anda akan mudah marah karena hal-hal kecil saja.

  • Menjadi kurang menarik

    Pernahkah Anda bercermin setelah tidur yang terlalu lama? Wajah Anda pasti terlihat sembab dan orang dapat dengan mudah menebak bahwa Anda baru saja bangun tidur. Orang yang terlalu banyak tidur menyebabkan wajahnya terlihat lebih bengkak terutama di bagian mata dan pipi. Anda menjadi terlihat kurang menarik dengan wajah seperti itu.

  • Gangguan jantung

    Walaupun penyakit gangguan jantung ini tidak secara langsung menyerang seseorang, tetapi orang yang terlalu banyak tidur memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit ini.

    Sebelum Anda mengalami risiko buruk ini pada diri Anda, hendaknya Anda memulai untuk mengatur jadwal tidur Anda sebaik mungkin mulai sekarang, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Tidurlah secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda, bangunlah jika memang sudah waktunya untuk bangun. Jangan bermalas-malasan di tempat tidur terlalu lama.

    sumber: https://keluarga.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.