Apel Tiga Pilar Kamtibmas di PPU, Bupati Minta Masyarakat Agar Selalu Waspada

by -132 Views

BERITAPENAJAM.Net- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) pimpin pelaksanaan Apel Tiga Pilar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Mapolres PPU.  Pelaksanaan apel ini diikuti oleh ratusan personil gabungan TNI, Polri, ASN dan Kepala Desa  diwilayah PPU Senin,(4/6/2018)

Dalam kesempatan ini Bupati PPU Yusran Aspar mengatakan bahwa pelaksanaan apel tiga pilar Kamtibmas ini dianggap sangat penting, karena merupakan salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten PPU dan aparat dalam rangka mewujudkan sinergitas guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif terutama menjelang Pilkada Tahun 2018 di Kabupaten PPU.

Masalah keamanan dan ketertiban di daerah kata dia, secara umum bukanlah semata-mata tugas aparat, tetapi sebaliknya menjadi tugas bersama semua komponen masyarakat yang ada di daerah sesuai dengan kemampuan dan proporsi masing-masing.

“Oleh karena itu, tidak berlebihan jika kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Kapolres PPU beserta seluruh jajarannya yang telah menyelenggarakan apel tiga pilar kamtibmas ini dengan baik,” pinta Yusran.

Keberadaan tiga pilar kamtibmas lanjutnya, sangat diharapkan agar mampu melakukan kerja secara professional terutama dalam mendeteksi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datangnya baik dari dalam maupun luar, sehingga permasalahan yang berkembang dapat diantisipasi sedini mungkin.

Dalam kesempatan ini bupati juga menghimbau kepada warga agar senantiasa merapatkan barisan dan menyatukan langkah dalam mencegah dan mengatasi gangguan keamanan yang terjadi. Masyarakat juga diminta agar selalu waspada dengan adanya berbagai macam gangguan yang setiap saat dapat saja datang.

“Kalau boleh pinjam istilah Bang Napi dalam salah satu acara di stasiun Televisi swasta barangkali ada benarnya, bahwa kejahatan timbul bukan semata- mata karena ada niat pelaku, tetapi juga karena ada kesempatan, maka dari itu agar kita waspada,” kata Yusran Aspar.

Sementara itu Kodim 0913, Letkol Imam Subagyo dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa apel tiga pilar dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas pelaksanaan Pilkada Tahun 2018 khususnya di Kabupaten PPU.

Perwira dua melati ini memberikan beberapa  penekanan kepada peserta apel khususnya bagi tiga pilar Kamtibmas di Kabupaten PPU antara lain dia megharapkan bahwa dalam rangka pilkada serentak Tahun 2018 di kabupaten PPU dibutuhkan sinergitas, solidaritas dan peran seluruh pihak dalam rangka mewujudkan keamanan serta potensi gangguan keamanan  yang terjadi. Kata dia bahwa kamtibmas di Indonesia merupakan salah satu langkah untuk  menegakkan dan menjaga kedaulatan NKRI.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar waspada dan mampu menyikapi dengan cerdas  dan bijak terhadap isu-isu yang terjadi di media sosial saat ini.

 “ Kami berharap ada jalinan komonikasi yang baik, sehingga permasalahan yang ada dapat diatasi secara cepat, tepat dan terselesaikan,” kata Imam Subagyo.

Senada juga disampaikan oleh Kapolres PPU, AKBP Sabil Umar yang mengatakan bahwa pihaknya siap mengawal pelaksanaan pilkada serentak Tahun 2018 khususnya di kabupaten PPU.

Sabil mengatakan bahwa pada Tahun 2018 ini terdapat beberapa potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius dari semua kalangan khususnya aparat keamanan.  Potensi kerawanan tersebut harus mampu diantisipasi sejak dini agar tidak berkembang menjadi ganguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkada Tahun 2018 ini.

Menyikapi berbagai potensi kerawanan yang terjadi akhir-akhir ini yang menimbulkan keprihatinan bersama tersebut seperti aksi terorisme diberbagai wilayah di Indonesia hendaknya menjadi pelajaran berharga agar selalu waspada dalam setiap kesempatan. Kejadian semacam itu pintanya  haruslah menjadi perhatian  bersama sehingga ketentraman tercipta dan masyarakatpun menjadi nyaman.

Oleh karena itu sebagai penjaga kamtibmas  peran tiga pilar kamtibmas, Sabil Umar mengharapkan harus saling bersinergi dalam mendeteksi dini  gangguan kamtibmas terutama bahaya radikalisme dan aksi terorisme di daerah masing-masing.

“Kami mengharapkan bahwa Apel tiga pilar ini sebagai pemersatu tekat kita dalam rangka mencegah gangguan kamtibmas yang terjadi di Kabupaten PPU, “ pungkasnya.(Humas6)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.