Anak Susah Makan? Simak 8 Trik untuk Meningkatkan Nafsu Makannya

by -282 Views

BERITAPENAJAM.NET-, Pasti Anda merasa jengkel saat buah hati Anda susah makan karena berbagai alasan. Anda juga mungkin merasa khawatir jika hal ini terjadi secara terus menerus. Jangan sampai nafsu makan anak yang rendah ini menyebabkan tumbuh kembangnya terganggu. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk membuat nafsu makan anak bertambah? Simak ulasannya.

Bagaimana membuat nafsu makan anak bertambah?

Anda sebagai orang tua harus dapat memperkirakan asupan kalori anak agar si kecil tidak kurang dari kebutuhannya. Setiap anak membutuhkan kalori yang berbeda-beda, tergantung dengan usia, jenis kelamin, serta kondisi kesehatannya.

Menurut angka kecukupan gizi (AKG) yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, anak usia 1-6 tahun membutuhkan sekitar 1.100-1.600 kalori per harinya.

Banyak anak yang mengalami susah makan di usia tersebut. Jika anak susah makan, sebagian besar orangtua pasti cemas. Namun, jangan keburu panik dulu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak.

1. Jangan dipaksa terus

Mungkin, ketika si kecil tidak mau makan, Anda tidak merasa sabaran dan akhirnya memaksanya untuk makan. Padahal, cara memaksa tak akan membuat nafsu makan anak bertambah, justru sebaliknya. Anak akan semakin menghindar dan malas untuk makan.

Jadi, lakukan cara lain untuk membuatnya mau makan. Misalnya, dengan membujuk si kecil

2. Buat menu makanan yang bervariasi dan tampilan yang menarik

Anak bisa saja merasa bosan, apalagi jika Anda selalu membuatkan menu yang sama. Sebaiknya, buatkan menu makanan yang bervariasi. Lagi pula, semakin bervariasi bahan makanan yang Anda gunakan, maka semakin bernutrisi makanan si kecil.

Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan sajian makanan dengan tampilan yang menarik. Misalnya, menghias makanan seperti kartun favoritnya. Dengan begitu, si kecil akan bernafsu untuk makan.

3. Buat jadwal makan yang rutin setiap harinya

Terapkan jadwal makan yang rutin pada anak sejak ia kecil. Hal ini akan menolong Anda ketika anak susah makan. Dengan begitu, ia sudah terbiasa untuk makan pada waktu yang sama dan rutin.

Membuat jadwal makan yang rutin juga akan berdampak baik untuk pola makannya ketika ia beranjak dewasa.

4. Berikan si kecil camilan sehat nan lezat

Takut si kecil makan terlalu sedikit? Anda bisa mengakalinya dengan memberikan si kecil berbagai camilan sehatnan lezat. Tentunya, agar Anda tahu camilan itu sehat atau tidak, lebih baik Anda buat sendiri di rumah.

Misalnya, membuat puding buah atau es yang berbahan dasar buah. Jadi, Anda tahu kandungan dari camilan si kecil dan sudah pasti bersih.

5. Makan lebih sering dalam sehari

Jika memang si kecil susah makan, jangan memberikannya makanan dengan porsi yang besar. Alih-alih memberi porsi makan yang besar, sebaiknya makan sedikit-sedikit saja tapi sering.

Hal ini juga bisa diterapkan jika si kecil merasa cepat bosan dengan makanannya. Berikan ia porsi makan yang kecil, kemudian dua hingga tiga jam berikutnya kasih ia makanan dengan menu baru.

6. Jangan biarkan si kecil minum terlalu banyak ketika makan

Biasanya, anak suka minum terlalu banyak ketika makan. Hal ini hanya akan membuatnya cepat kembung dan akhirnya menolak untuk menghabiskan makanannya. Jadi, beri tahu ia agar jangan minum terlalu banyak saat makan.

Anda bisa membatasi air minum saat ia makan, misalnya satu gelas saja untuk satu kali makan. Setelah selesai makan, baru berikan anak minum tambahan. Jangan juga berikan anak minuman yang memiliki rasa manis, karena membuat ia semakin kembung.

7. Ajak anak untuk menyiapkan menu makanannya

Bermain sambil memasak, kenapa tidak? Anda bisa mengajaknya untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya. Berikan ia tugas yang mudah, misalnya menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekadar menghias makanan.

Biasanya, anak akan lebih tertarik untuk makan jika ia ikut serta dalam menyiapkan makanannya tersebut.

8. Pastikan makanannya penuh dengan nutrisi

Salah satu hal yang harus Anda pastikan adalah makanan yang ia konsumsi penuh dengan nutrisi. Ya, vitamin dan mineral dalam makanan juga bisa membuat nafsu makan anak meningkat.

Misalnya saja mineral zink, yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat membantu atasi masalah anak susah makan. Beberapa contoh makanan yang mengandung zink adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan berbagai sayur berdaun hijau tua.

9. Bila nafsu makan anak tak kunjung bertambah, konsultasi dengan dokter

Jika memang nafsu makan si kecil tak kunjung membaik, malah cenderung menolak semua makanan yang Anda berikan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Pasalnya, ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menurunkan nafsu makan anak.

Dengan begitu, dokter akan memberikan solusi terbaik untuk permasalahan yang dialami si kecil.

https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/nafsu-makan-anak-susah-makan/

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.