7 Cara Pemanfaatan Sampah dan Limbah

by -225 Views

BERITAPENAJAM.Net– Istilah sampah mungkin sudah tidak asing di telinga kita, hal pertama yang terlintas adalah tumpukan sisa-sisa makanan atau limbah yang menimbulkan aroma tak sedap dan tidak enak dipandang oleh mata serta tidak berguna lagi. Pada dasarnya sampah adalah sisa-sisa benda atau barang yang tidak dibutuhkan lagi setelah proses pemakaian.

Sementara ini pengolahan sampah yang ada adalah dengan teknik pembakaran, karena dianggap cepat dan tidak merepotkan. Namun jangan salah dengan dibakar maka kandungan gas berbahaya dari hasil pembakaran itu akan menguap ke angkasa dan meningkatkan temperature bumi dan akan mempercepat penyebab pemanasan global. Selain itu pembakaran sampah juga akan menghasilkan dioksin, salah satu zat yang berbahaya bagi tubuh, bisa mengakibatkan gangguan pada daya tahan tubuh, menyebabkan kanker, pertumbuhan abnormal dan perubahan hormon. Sebenarnya pengolahan sampah itu harus tersusun secara sistematis, tidak hanya memikirkan aspek kemudahan dan waktu yang singkat agar tercipta hasil yang maksimal.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan pada cara pemanfaatan sampah antara lain:

Pembuatan Kertas Daur Ulang

Kertas yang sudah tidak dipakai bisa di daur ulang kembali untuk dijadikan kertas yang memilki tampilan lebih bagus, caranya sangat mudah dan semua orang pasti bisa melakukannya. Tinggal merendam kertas bekas di dalam air dan kemudian dicampur dengan pewarna alami seperti kunyit, sirih, pandan wangi dan lain sebagainya. Campuran ini akan menghasilkan kertas berbagi warna dan siap untuk digunakan, baik untuk kesenian atau hanya sekedar media menulis.

Pembuatan Kerajinan dari Koran Bekas

Koran adalah salah satu limbah terbanyak dalam kehidupan manusia, karena setiap hari informasi dan berita selalu berubah-ubah, otomatis koran juga harus mengikuti hal tersebut, sehingga koran menjadi salah satu bahan yang bersifat sekali pakai. Untuk mengurangi jumlah koran bekas kita bisa memanfaatkannya untuk sebuah kerajinan. Contohnya vas bunga. Kita bisa memanfaatkan koran dengan cara membuat lilitan koran dalam jumlah bnayak kemudian disusun menyerupai vas bunga. Setelah itu untuk mempercantik tampilan bisa diberikan warna pada koran tersebut

Kerajinan dari Kaleng Bekas atau Gelas

Kaleng bekas atau gelas merupakan salah satu sampah yang sering kita temui tapi minim sekali pemanfaatan yang dilakukan. ada bebrapa cara yang bisa dilakukan untuk barang ini, misalkan membuat gift box dari kotak permen, pembuatan kotak pensil dari botol kaca, pembuatan guci dari pecahan gelas dan lain sebagainy

Pembuatan Makan Ternak

Sebuah penelitian berhasil membuat pakan ayam dari limbah organik rumah tangga dengan mancampur sisa sayuran, ikan, ataupun ayam yang ada dengan dedak. Campuran ini menghasilkan makanan ternak yang bergizi tinggi dan baik untuk kesehatan hewan ternak.

Pembuatan Kompos

Beberapa sampah organik mengandung karbon dan nitrogen sangat tinggi, seperti sampah hijau, daun kering, kotoran hewan ternak, lumpur cair dan sebagainya. Sampah-sampah ini bisa diproses untuk dijadikan kompos

Pembuatan Gas Methan

Mungkin hal ini masih jarang diketahui oleh masyarakat umum, ternyata dibalik samapah terdapat suatu kandungan yang mampu dimanfaatkan. Penelitian telah membuktikan bahwa dalam sampah terkandung gas yang sangat potensial bagi kehidupan, yaitu gas methan. Informasi terbaru menyebutkan bahwa pemerintah kota Bau-Bau memilki suatu program yang memanfaatkan sampah sebagai penghasil gas methan. Cara yang dilakukan oleh pemerintah kota Bau-Bau adalah dengan menimbun sampah di dalam lapisan tanah, kemudian diberi saluran pipa instalasi gas methan. Dan hasil gas tersebut disalurkan ke pemukiman warga untuk listrik dan bahan bakar kompor. Ini merupakan terobosan baru yang sangat menginspirasi kita. Bayangkan bila di semua daerah melakukan ini, maka sampah akan menjadi sahabat kita dan daerah kita akan menjadi bersih dan sehat.

Bank Sampah

Program ini adalah suatu terobosan baru yang digunakan di beberapa daerah, bank sampah adalah tempat dimana dikumpulkannya sampah-sampah an-organik yang dapat diolah atau di daur ulang kembali, seperti gelas,plastik, kaleng dan lain-lain. Di tempat ini memberikan peluang usaha bagi para pemulung. Pemulung yang mengumpulkan sampah-sampah yang masih berguna akan diberi upah atau hadiah sesuai dengan apa yang mereka kerjakan. Hal ini sangat efektif karena selain bisa membantu para pemulung juga mampu mengurangi intensitas sampah yang ada.

Sumber: http://ilmugeografi.com

Sumber Gambar : http://artonang.blogspot.co.id

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.