5 Tips Sederhana Mendapatkan Pikiran Positif untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

by -146 Views

BERITAPENAJAM.Net– Sebelumnya sedikit cerita, ini cerita seorang kawan saya. Kawan saya ini sering sekali merasa sakit di bagian dadanya, nyeri-nyeri di bagian tersebut. Saya tau karena dia cerita ke saya. Saya sarankan untuk periksa ke dokter. Setelah periksa dan di-rontgen, kata dokter-nya tidak ada masalah atau kelainan. Terus, si dokter bilang, jika tidak ada kelainan, nyeri macam ini bisa jadi disebabkan oleh stres atau terlalu banyak beban pikiran, jadi, jangan sampai pikiran anda stres. Nah, ini sedikit pengalaman yang mungkin bisa dijadikan pelajaran bahwa otak manusia berhubungan sangat erat dengan kesehatan anggota tubuh yang lain. Jadi, apa yang ada di dalam otak akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.

Apa yang disebut dengan Pikiran Positif  ?
Secara sederhana, pikiran positif adalah pikiran yang akan membuat anda optimis, percaya diri, dan lebih bergembira. Sedangkan pikiran negatif adalah pikiran yang akan menyebabkan pesimis, tidak percaya diri, marah, sedih, takut, khawatir dan lain-lain. Pokoknya, pikiran positif akan menyebabkan hidup anda lebih nyaman sedangkan pikiran negatif tidak demikian.

Cara membuat otak kita berpikir positif adalah membuang semua pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran positif.

Tips Mendapatkan Pikiran Positif untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

1. Senyum- Ini cara paling sederhana yang dapat dilakukan. Senyum dapat dilakukan waktu anda sendirian di dalam kamar. Senyum dapat menenangkan otak yang sedang tegang. Anda akan merasa senang dan gembira saat tersenyum. Jadi, coba buat senyum di wajah anda saat pikiran sedang kalut. Paling tidak, senyum akan meringankan beban di pikiran anda.

Yang penting kita yakin saja, jika yakin Insya Allah berhasil, saya sudah coba berkali-kali. Jika dari awal tidak yakin, pasti akan sulit mengusir pikiran negatif dari otak kita dengan tersenyum.

2. Mengulang-ulang kata/kalimat positif dalam hati anda- Cara ini bisa dilakukan oleh semua orang. Tanamkan pada diri anda bahwa Semua yang terjadi adalah yang paling baik yang Allah berikan. Yakinkan diri anda bahwa Semua yang terjadi pada diri anda pasti ada Hikmahnya, pasti ada pelajaran yang dapat kita dapatkan. Ucapkan berulang-ulang dalam hati sampai anda merasa lebih nyaman. Semua pasti ada hikmahnya.

Jika anda merasa sangat sulit untuk menyelesaikan sebuah masalah, anda dapat katakan pada diri sendiri, “Saya pasti bisa, saya pasti bisa”, lakukan berulang-ulang sampai hati jadi tenang. Anda akan merasa lebih nyaman.

3. Baca Buku yang Punya banyak Energi Positif- Sekali-kali, anda juga perlu baca kisah-kisah sukses para orang-orang sukses. Anda juga bisa coba membaca buku-buku motivasi. Buku tersebut dapat memberi anda motivasi dan pikiran positif.

Saat ingin menyerah, putus asa, anda dapat membaca kisah Helen Keller. Saat anda stres melihat tumpukan kerja yang seakan-akan tidak pernah selesai, anda dapat membaca buku ‘Do It Now’ karya Dr. Majid Ramadhan. Jadi, mari luangkan waktu untuk membaca buku yang dipenuhi dengan energi positif.

4. Mendengarkan Audio Motivasi- Salah satu audio yang saya sarankan adalah audionya ust. Felix, judulnya ‘life is choice’ (bisa liat di youtube, atau search di google). Anda juga dapat coba audio yang lain seperti, Mario Teguh, Tung Desem, Andre Wongso dan lain-lain.

5. Shalat- Tips yang terakhir ini, merupakan tips yang paling ampuh. Hanya Allah tempat manusia mengadu dan berkeluh kesah. Masalah kita bukanlah sebuah hal yang sulit di mata Allah SWT. Masalah-masalah tersebut sangatlah mudah. Sekali lagi, sangat mudah di hadapan Allah. Anda hanya tinggal merendahkan hati dan meminta kepada-Nya.

Keampuhan shalat sudah dibuktikan banyak orang, tinggal kita mau yakin atau tidak. Contohnya, anda bisa simak ceramah ust. Yusuf Mansyur, atau anda dapat baca bukunya mas Ippho Santosa.

Dari empat tips tersebut, ada satu poin yang paling penting yaitu, yakin. Untuk mendapatkan energi positif, kita harus yakin kepada Allah dan yakin bahwa kita akan mendapatkan energi positif.

Setelah mendapatkan pikiran positif, perasaan anda akan terasa lebih nyaman, masalah-masalah tidak akan tampak besar. semuanya terasa nyaman, penuh semangat dan optimis. Dan keadaan semacam inilah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, jaga pikiran anda, jangan biarkan pikiran negatif merasuki otak anda.

Sumber: http://sehat-setiapsaat.blogspot.co.id

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.