11 Pasien Status OTG di PPU Dinyatakan Sembuh

by -144 Views
Jubir Satgas PP CoViD-19 di PPU, dr. Arnold Wayong yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara.
Jubir Satgas PP CoViD-19 di PPU, dr. Arnold Wayong yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara.

 

BERITAPENAJAM.Net,- Kasus Covid-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mulai menurun, dengan dinyatakan sembuh 11 orang tanpa gejala (OTG) yang terkonfirmasi positif , Rabu (16/09/2020).

Melalui Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten PPU Arnold Wayong menyebutkan, pasien OTG yang dinyatakan sembuh pada hari ini dengan rincian PPU 37, PPU 53, PPU 57, PPU 58, PPU 80 dan PPU 81 merupakan pasien OTG di Kecamatan Penajam. Sedangkan PPU 60 dan PPU 82 pasien OTG di Kecamatan Waru, serta PPU 65, PPU 70 dan PPU 72 pasien OTG di Kecamatan Sepaku.

” Hingga saat ini total pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten PPU ada 97 pasien, terdiri dari 62 pasien dinyatakan sembuh, 31 pasien menjalani perawatan dan 4 orang meninggal dunia,” ungkap Arnold.

 

Lanjut Jubir yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU, menurut buku Panduan Pencegahan dan Penangan Covid-19 revisi ke-5, OTG yang melakukan isolasi/karantina mandiri selama 10 hingga 14 hari tidak menimbulkan gejala apapun bisa dinyatakan sembuh. ” Tidak mesti menunggu hasil swab, karena dia hanya OTG. Selama dia isolasi mandiri tidak ada menimbulkan gejala-gejala apapun yang mengarah ke Covid-19 maka kami nyatakan dia sembuh,” ujar Kepala Dinkes.

 

Kepala Dinkes kembali menghimbau khususnya masyarakat PPU agar tetap kooperatif untuk menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Seperti mengenakan masker, cuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak dan tetap dirumah jika tidak ada kepentingan untuk keluar rumah.

” Protokol kesehatan tetap harus diperhatikan, terutama masker. Semua orang harus pakai masker, jika semua mengenakan masker hampir 100% dapat mencegah penularan Covid-19 itu,” tutupnya. (DiskominfoPPU/zan/man)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.