10 Tempat Wisata di Kalimantan Timur

by -380 Views

BERITAPENAJAM.Net– Kalimantan Timur atau biasa disingkat Kaltim adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi. Luas total Kaltim adalah 129.066,64 km² dan populasi sebesar 3.6 juta. Kaltim merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara. Ibukotanya adalah Samarinda.

Kalimantan Timur telah memekarkan satu propinsi lagi yaitu Kalimantan Utara, sebelumnya Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, dengan luas 194.489 km persegi yang hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Dengan total wilayah yang begitu luas, pastinya banyak sekali tempat wisata eksotis yang bisa dijumpai di propinsi ini,  mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, dan lain sebagainya. Untuk menambah wawasan kita tentang kekayaan wisata yang dimiliki oleh Kalimantan Timur, berikut ini kami reviewkan 10 Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Kalimantan Timur.

Pulau Derawan

Mendengar nama Derawan sudah pasti terbayang hamparan laut biru jernih dan panorama bawah laut yang luar biasa indah. Disini kita bisa bermain bebas dengan penyu yang berlalu lalang di tepian pantai dan jika kita beruntung akan bertemu dengan gerombolan pari manta loh guys. Jangan takut masalah akomodasi, di Derawan telah tersedia banyak penginapan mulai dari homestay yang disediakan oleh warga hingga resort mewah yang memiliki view dan dermaga yang langsung terhubung dengan laut, semua dapat disesuakan dengan budget kamu.

tour-derawan

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban letaknya tidak terlalu jauh dari pualu Derawan memliki luas 774,2 hektar ini memiliki keunikan yang sangat tersohor diantara wisatawan mancanegara. Terdapat sebuah danau purba dengan luas 5 km persegi yang bernama danau Kakaban. Danau ini semakin terkenal karena memiliki air payau. Air payau ini terbentuk dari rembasan air laut yang terperangkat di danau yang bercampur dengan air tanah dan air hujan. Satu lagi yang menjadikan Kakaban sebagai destinasi keren di Kalimantan Timur yaitu terdapat ubur-ubur tanpa sengat yang hidup di danau Kakaban. Kita bisa berenang bebas dengan ribuan ubur-ubur tanpa takut tersengat racun yang biasanya dimiliki oleh ubur-ubur di laut. Keunikan seperti ini hanya ada dua di dunia loh. Danau air payau dan ubur ubur tidak bersengat hanya dapat kamu jumpai di Palau, Mikronesia dan Kakaban, Indonesia.

maxresdefault

Pulau Maratua

Pulau yang masih berada dalam gugusan kepulauan Derawan ini juga tidak kalah keren. Pualu ini masih sepi dan sangat jarang dikunjungi, sangat cocok bagi kamu yang ingin berbulan madu dengan pasangan atau sekedar menikmati keindahan pantai dan laut tanpa ingar-bingar. Sayang rasanya saat berkunjung ke Kalimantan Timur tanpa menyempatkan diri mampir ke Maratua. Maratua menjadi surga bagi para penyelam yang mengagumi keindahan bawah laut. Bagaimana tidak, perairan laut maratua menawarkan cukup banyak spot keren yang membuat penyelam betah berlama-lama di dalam laut. Di pulau yang sangat indah ini kamu dapat dengan mudah bertemu cumi-cumi, lobster, gurita, kuda laut dan banyak lagi yang lain.

slide2

Danau Labuan Cermin

Satu lagi tempat wisata keren di Kalimantan Timur yang sedang hits dikalangan pemburu keindahan alam. Danau yang terletak di Biduk-biduk, Kabupaten Berau ini baru saja diperkenalkan sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia. Kendati masih baru diperkenalkan namun karena keindahannya, sudah banyak wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke kalimantan Timur untuk mampir ke Labuan Cermin. Untuk mencapainya, kita harus menempuh perjalanan berjam-jam yang melelahkan. Namun jangan khawatir, sesampainya disana kita akan disajikan sebuah pemandangan luar biasa indah. Yang membuatnya istimewa adalah kejernihan air yang trdapat di danau ini membuat perahu yang berada diatasnya terlihat seperti melayang. Selain itu, danau ini memiliki dua rasa air yang berbeda yaitu air tawar di permukaannya dan air asin di bagian bawah danau. Biota yang hidup di dalamnya juga berbeda sesuai dengan jenis airnya. Di permukaan hidup ikan air tawar dan di bawah danau hidpu ikan laut.

danau-labuan-cermin-kalimantan-timur

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah ini terletak di Bontang, Kaltim, lebih tepatnya di Selat Makassar. Untuk mencapai tempat wisata ini, setidaknya Anda akan membutuhkan waktu kira-kira sekitar 3 jam dari Samarinda. Meski jauh, tapi perjalanan yang lama tersebut akan terpuaskan ketika Anda melihat keindahan Pulau Beras Basah. Pemandangan pasir putih dan air jernih kebiruan akan membuat Anda melupakan perjalanan panjang menuju ke sini. Anda juga akan disambut oleh sebuah mercusuar tinggi yang sudah tak terpakai. Keindahan pulau ini tak hanya sebatas pasir putih dan panorama pantainya, alam bawah laut Pulau Beras Basah tak bisa dilewatkan.

pulau-beras-basah

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid ini terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2008, Masjid Islamic Center menjadi salah satu tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi di kota ini. Arsitektur masjid terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki, misalnya pada kubah besarnya yang bermotif. Masjid ini memiliki satu menara utama setinggi 99 meter yang disesuaikan dengan asmaul husna, dan enam menara dengan ukuran lebih pendek yang melambangkan rukun iman. Selain itu, anak tangga menuju ke lantai utama masjid berjumlah 33 buah, jumlah yang sama dengan butiran tasbih.

masjid-islamic-center-samarinda-terbesar-ke-2-di-asia-dengan-7-menara

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai yang berjarak 58 km atau 1,5 jam dari Kota Balikpapan , atau 150 km dari Kota Tenggarong  atau dari Kota Samarida  serta 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja. Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami, yang dilengkatp dengan sarana dan prasarana wisata seperti restoran, lamin untuk pertemuan, kolam renang, serta cottage maupun jungle cabin. Yang menarik di Kawasan ini ialah canopy bridge, Monyet Ekor panjang dan angrek hitam. Kawasan disebut Bukit Bangkirai karena Hutan ini didominasi oleh pohon jenis Bangkirai yang tumbuh di kawasan hutan lindung ini. (Maskot utama obyek wisata yang telah mendunia ini).

bermain-jembatan-canopy-bridge-bukit-bangkirai-kalimantan-timur

Goa Besiang

WIisata Goa yang terdapat di salah satu kabupaten di Kalimantan Timur yaitu Penajam Paser Utara memiliki puluhan goa indah. Salah satunya adalah goa yang terdapat di Kecamatan Waru, keindahan goa yang memiliki stalaktit dengan ukuran 30 hingga 100 senti meter yang menggantung diatas goa kapur tersebut. Panjang goa masih belum diketahui hingga saat ini namun diperkirakan memiliki panjang hingga ribuan meter.

11925770_1460459200927896_179412369_n

Desa Budaya Pampang

Wisata budaya banyak diminati karena selain bisa melihat budaya setempat, Anda juga bisa belajar tentang budaya lain. Di Samarinda, ada sebuahtempat wisata budaya populer yaitu Desa Budaya Pampang. Desa ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Pada akhir pekan, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar kota maupun luar negeri. Setiap hari Minggu, pada pukul 13:00 – 15:00 diadakan pertunjukan seni di lamin atau gedung pertemuan desa. Gedung ini unik karena berupa rumah adat Dayak dengan ukiran khas suku. Menariknya, pada saat sedang berlangsung pertunjukan seni, seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adatnya.

pmpang

Taman Nasional Kutai

kawasan wisata alam ini letaknya dipinggran teluk Kaba, dengan waktu tempuh  Balikpapan – Samarinda sekitar 2,5 jam dengan kendaraan darat roda empat, kemudian dilanjutkan ke Bontang sekitar tiga jam. Bontang- ke Teluk Kaba dengan menggunakan speed boat sekitar 30 menit. Selain itu antara Bontang-Sanggata terdapat jalan raya membelah taman nasional Kutai. Berkunujung ke Taman Nasional Kutai sebaiknya bulan April s/d Oktober setiap tahunnya.

blog04

Sumber: www.amabeltravel.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.